Tradisi Unik Berpuasa Umat Muslim di Beberapa Negara

Tradisi unik berpuasa umat Muslim di beberapa negara. Dorayaki, roti kesukaan Doraemon, menjadi sajian yang dinanti  masyarakat Muslim di Jepang saat berbuka puasa.
Salah satu masjid di sebelah selatan Tokyo yakni  Masjid Jami Yoyogi, menjadi tempat menarik untuk menunggu waktu berbuka puasa. Ketika Ramadhan juga ada agenda lain yang diadakan oleh sebuah komunitas Muslim di Jepang. Wisatawan muslim mancanegara biasanya datang mengunjungi mereka.

Turki mempunyai tradisi unik waktu berbuka puasa. Nyaris semua restoran di Turki menawarkan hidangan yang sama untuk berbuka puasa. Menu yang acap disajikan kala berbuka puasadi Turki adalah “Iftariye”, yaitu hidangan pembuka puasa yang komposisinya terdiri dari kurma, keju, zaitun, pastirma, sujuk, roti pide, dan berbagai kue-kue yang disebut ‘borek’.  Kemeriahan Ramadhan di Turki juga bisa dikatakan tidak jauh bedA seperti di Indonesia. Hampir di setiap jalan serta masjid terang dengan lampu-lampu khas Ramadhan Timur Tengah. Tak hanya itu, masyarakat Turki juga menggelar  tradisi ‘Meja Bumi’ atau  ‘Meja Bundar’ ketika Ramadhan tiba. Tradisi ini telah dimulai sejak 2013.

Seperti kita ketahui, lingkar kutub selatan hanya mencakup benua Antartika dan sekitarnya, yang bukan tempat hunian permanen bagi manusia. Akan tetapi,  bila ada umat Muslim yang berpuasa di sana, mereka harus mengandalkan aplikasi khusus sebagai pengingat waktu shalat, berbuka, dan juga sahur. Karena seperti halnya wilayah Kutub Utara, Antartika mengalami sinaran matahari yang ekstrem. Di kedua kawasan ini, khususnya di musim panas, terdapat hari-hari saat matahari senantiasa terlihat di atas cakrawala selama 24 jam penuh. Istilahnya matahari tengah malam atau siang kutub.

(sumber : kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *