Tanaman Porang, Gatal Disentuh Namun Diminati Pasar Dunia

Tanaman porang, gatal disentuh namun diminati pasar dunia. Porang, bukan nama orang, yang sebenarnya adalah nama tanaman umbi-umbian yang lagi trending lantaran kisah sukses petani yang membudidayakan tanaman tersebut. Kisahnya popular karena petani ini sebelumnya seorang pemulung lalu menjadi petani tanaman porang. Berkat tanaman porang ini petani tersebut, Paidi, menjadi miliader.

Umbi-umbian porang ini sangat dibutuhkan pasar luar negeri, yakni Jepang, Taiwan, Korea dan beberapa negara Eropa. Sayangnya, penyedia umbi porang di Indonesia masih terbatas.

Tanaman porang adalah tanaman asli Indonesia. Oleh masyarakat sudah dikenal sejak lama dan dimanfaatkan. Sifat tanaman porang adalah toleran terhadap naungan. Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles, iles kuning, acung atau acoan. Porang mudah  tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl.

Porang dirajang tipis-tipis seperti keripik  lalu dijadikan tepung sebelum dikirim ke luar negeri. Ada beberapa tempat pengolahan tepung porang sekarang ini, seperti di Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros.

Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku kosmetik, tepung, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan jelli. Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang.

Dengan cara bercocok tanam baru, bisa dipanen 70 ton porang di lahan satu hektar. Padahal sebelumnya, satu hektar hanya menghasilkan sembilan ton. Selain itu masa panen porang yang awalnya 3 tahun dipangkas menjadi enam bulan.

Berminat? Segera budidaya porang karena peluang sangat besar dan petani penyedia porang masih sedikit. Dan, jangan lupa, kenali porang terlebih dahulu mana porang yang tepat untuk dibudidayakan. Tanaman porang, gatal disentuh namun diminati pasar dunia.

sumber: www.kompas.com

sumber gambar: tangkapan layar @youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *