Sukses! Festival Bacang dan Lamang Baluo Mendapat Rekor Muri

Kendaraan hias yang menjadi tempat lamang baluo

Sukses! Festival bacang dan lamang baluo mendapat rekor Muri. Sebuah festival makanan digelar di Padang Sumatera Barat, tepatnya di Kota Tua di Jembatan Siti Nurbaya digelar di tengah liburan Idulfitri yang telah dibuka pada Kamis(6/6/2019). Festival itu adalah Festival Bacang dan Lamang Baluo dan puncak acaranya pada hari Jumat (7/6/2019) yang ditandai dengan pemberian rekor Muri untuk dua macam makanan dari etnis tionghoa dan minang.

Lamang baluo khas dari Minang

Festival makanan tradisional dari dua etnis yang berbeda menunjukan kekuatan ikatan kesatuan budaya antara Minang dengan Tionghoa yang berjalan dengan baik di Kota Padang, sejak dulu.
Lamang Baluo terbuat dan ketan dan kelapa parut yang didalamnya diberi tambahan gula aren. Sedangkan bacang dari ketan untuk lapisan luar, lalu untuk isian dibuatkan olahan cacahan daging, jamur, udang kecil, seledri, dan jahe.

lamang baluo

Meskipun puncak keramaian festival tersebut pada pukul 14.00 wib pengunjung sudah berduyun-duyun memadati sejak pukul 08.00 wib untuk menyaksikan jalannya acara tersebut. Dan juga biar kebagian makanan tradisional itu dari panitia.

kendaraan hias yang berisi bacang khas tiongha

Sejak pagi telah dipamerkan 10.000 bungkus bacang yang diletakkan di atas gerobak hias yang berkepala naga. Sedangkan 10.000 bungkus lagi lamang baluo ditata di atas gerobak hias berkepala kerbau. ” Hari ini merupakan puncak festival. Pihak rekor Muri sudah melakukan pemeriksaan dan sudah dinyatakan lulus untuk mendapatkan rekor Muri. Siang ini rekor Muri akan diserahkan, ” kata Ketua Panitia, Alam Gunawan yang sedang di lokasi acara kepada Kompas.com (7/6/2019).

Alam mengatakan, lamang baluo dan bacang ini akan dibagikan kepada pengunjung pada siang hari. Di samping itu, pengunjung akan dihibur dengan sajian dua budaya, yakni tionghoa dan minang. ” Hari ini dilaksanakan rekor Muri, gabungan parade budaya minang dan budaya tionghoa, flash mob, line dance, drum band dan gamad,” ucap Alam gembira. Sukses! Festival bacang dan lamang baluo mendapat rekor Muri.

(sumber: kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *