Sang Purnawirawan Kopassus Lumajang dan Mobil Kebanggaan

Sang purnawirawan Kopassus Lumajang dan mobil kebanggaan. Meski sering melintas di Jalan A. Yani, mata saya tak menyadari ada ‘sesuatu’ yang unik yang sering terpajang di sana, tepatnya di area seberang gedung SMA Negeri 1 Lumajang. Baru di Agustus 2019 mendadak yang unik itu mengusik rasa penasaran saya.

Sesuatu itu adalah sebuah mobil Jeep klasik berbau militer. Jeep itu bercorak seragam prajurit infanteri Kopassus. Sesuai tulisan yang menempel di mobil Jeep itu, Kopassus. Sudah pasti pemilik Jeep itu bukan sembarang orang. Apalagi berbagai pernak-pernik yang melengkapi pada kendaraan roda empat tersebut.  

Akhirnya ada kesempatan luang untuk mampir ke tempat  mobil Jeep yang selama ini membuat saya penasaran.

Abdul Rachman, nama pemilik Jeep Willys CJ-3B 1953 buatan AS, yang lebih akrab dipanggil Abah Rachman .

Abah Rachman adalah seorang mantan prajurit Kopassus yang lahir pada 17 Agustus 1940, mulai tergabung di Kopassus tahun 1964 dan ditugaskan ke berbagai daerah di Indonesia. Tahun 1993 masuk masa purnawirawan  saat usia 53 tahun. Di tahun ini, tanggal 17 Agustus  Abah Rachman berusia 79 tahun.

Dan berikutnya,  terjawab sudah rasa penasaran saya tentang mobil klasik yang selalu parkir depan lapak jualannya. Jeep klasik yang dimilikinya itu banyak yang menyukainya, cerita Abah Rachman. Bahkan ada yang menyewanya untuk peringatan moment-moment sejarah. Serta yang terakhir kemarin 24 Juli 2019 Jeep tersebut ikut berpatisipasi dalam acara latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2019 di lapangan tembak Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, katanya penuh rasa bangga.

Dan Abah Rachman memiliki mobil militer itu bukan hanya sekedar hobi namun lebih dari itu. Abah Rachman ingin kenangan semasa mengabdi sebagai prajurit Kopassus tetap melekat, di samping itu agar  jiwa prajurit yang siap berkorban demi negara dan bangsa tak luntur oleh perubahan jaman. Mencintai negerinya sepenuh hatinya.

Jangan bosan-bosan, ya, Abah,ingatkan terus kami agar selalu mencintai tanah air. Beri kesadaran, betapa indahnya Indonesia. Terus begitu, ya, Abah. Agar kami, yang muda-muda, punya semangat  seperti Abah, terus mencintai Indonesia.  

Selamat Ulang Tahun Abah Rachman yang ke-79, 17 Agustus. Tetaplah setia pada Indonesia, Abah.

Selamat HUT ke- 74 negeriku, Indonesia. Salam, Merdeka! Sang purnawirawan Kopassus Lumajang dan mobil kebanggaan.

Penulis: KSmartini Muchdor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *