Sambil Menunggu Buka Puasa Tiba, Olahraga ini Bisa Dilakukan Saat Puasa Ramadhan

Sambil menunggu buka puasa tiba, olahraga ini bisa dilakukan saat puasa Ramadhan. Banyak yang khawatir apabila olahraga di saat puasa, yaitu khawatir ‘mokel’, alias batal puasa tengah jalan. Atau alasan karena badan lagi lemas dan malas.

Semua itu kembali pada diri kita sendiri, niat atau tidak. Kalau sudah niat dan bertekad bulat mau olahraga saat puasa pasti semua akan menyenangkan dan tidak khawatir mokel. Contoh, ada pemain sepak bola kesebelasan Ajax dari Belanda saat berpuasa masih melakukan pertandingan sepak bola.

Sesungguhnya olahraga waktu puasa bisa dilakukan pada saat tertentu dengan pilihan latihan fisik yang tepat.

Karena pada waktu puasa tubuh akan terasa lemas dan dehidrasi. Saran para pakar, bahwa waktu terbaik untuk olah raga di bulan Ramadhan adalah jelang buka puasa atau sudah buka puasa. Sementara waktu terburuk untuk olah raga di bulan Ramadhan adalah di tengah hari, lantaran mereka yang berpuasa kelelahkan dan tidak dapat mengisi tenaga.

Banyak ragam olahraga yang bisa dilakukan saat puasa di bulan Ramadhan, seperti berikut :

1.Jogging

Olah raga jogging bisa jadi ini pilihan olahraga sore jelang berbuka puasa yang cocok buat Anda. Bisa dilakukan di komplek perumahan atau taman kota cukup dengan 1 atau 2 putaran. Sekalian ngabuburit menunggu buka puasa tiba. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit di sore hari. Usahakan jangan jogging berlebihan yang membuat Anda dehidrasi. Intensitas jogging lakukan dengan ringan dan santai.

2. Jalan cepat

Selain jogging, jalan cepat adalah pilihan lain yang tepat jelang berbuka puasa. Tiga puluh menit jalan cepat yang dilakukan akan membantu menjaga keseimbangan tubuh kala puasa. Di samping itu jalan cepat juga sedikit memakan tenaga, jadi tidak mudah merasa lelah.

3. Bersepeda

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan sekalian ngabuburit adalah bersepeda. Olahraga sederhana yang satu ini bisa menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama 45 menit bisa juga membakar kalori yang bisa turunkan berat badan. Anda bisa bersepeda di sore hari dengan santai sambil menanti saat berbuka tiba.

4. Bola Basket

Bola basket adalah olahraga kelompok. Ajak teman-teman untuk main bola basket di lapangan terdekat. Pasti akan lain rasanya bila olahraga ramai-ramai. Ditambah lagi setelah olahraga ajak teman-teman ke rumah untuk buka puasa bersama, dijamin bakalan seru acara buka puasa bersama dengan mereka.

Intinya, apa pun olahraganya sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda saat Anda menjalani puasa.

(sumber: liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *