Sambai Oen Peugaga Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Sambai oen peugaga hanya ada di bulan Ramadhan. Membicarakan tentang ragam sambal seakan tak ada habisnya. Kemungkinan kalau membahasnya bisa-bisa sampai 100 episode.

Tiap hari di rumah kita selalu ada sambal yang terhidang di meja makan. Entah sambal uleg atau sambal instan pabrikan. Begitu pun di tempat-tempat penjual kulineran selalu menyediakan sambalnya dengan rasa yang khas. Sepertinya ada yang hilang apabila makan tanpa sambal.

Ada sambal yang hanya ada di saat tertentu saja, salah satunya di saat bulan ramadhan dan itu cuma ada di Aceh, namanya sambai oen peugaga.

Sambal yang dibuat dari daun pegagan. Meskipun disebut sambal tapi sambal itu tidak menyerupai sambal pada umumnya, yang diuleg atau dihaluskan. Sambal ini seperti masakan urap-urap.

Sambai oen peugagah itu merupakan olahan lalapan yang terdiri dari 44 macam daun. Daun pegagan adalah bahan utama sajian sambal oen peugaga itu.

Banyak manfaat dari sambai oen peugaga ini,yakni  mengatasi macam penyakit  seperti diabetes, kolesterol dan manfaat lainnya untuk.nutrisi otak

Sebanyak 44 macam bahan untuk sambail oen peugaga itu diiris halus atau dicincang. Setelah itu diuap selama 5 menit lalu diremas hingga keluar air dan segera ditiriskan.

Setelah agak kering irisan tersebut diaduk dengan racikan bumbu oseng-oseng kelapa parut, cae rawit. Tak lupa ditambahkan bumbu rempah untuk menambah gurih sambai oen peugaga itu. Untuk tambahan agar dalam penyajian menarik peminat sambal oen itu diberi cincangan Lombok merah, serai, daun jeruk nipis juga variasi taburan bunga papaya. Setelah itu siap dinikmati.  

Rasa khas sambal itu ada pedas, gurih, sedikit sepat dan berserat saat dikunyah.

Kehadiran sambal itu sangat dinanti di bulan ramadhan di Aceh. Di waktu sore, sembari menunggu adzan maghrib tiba, banyak penjual sambai oen peugaga itu. Kehadirannya memperkaya ragam sambal di Indonesia.

(sumber: cnn)

Baca juga…. Bagaimana Cara Membuat Warna-Warna Lampu Reklame

Baca juga… Raisa Siap Rilis Lagu Baru Usai Lebaran

Baca juga… Astronot Mengocok Pizza Makan Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *