Sajian Ikan Laut Bakar Untuk Menu Buka Puasa

Sajian ikan laut bakar untuk menu buka puasa. Setiap bulan Ramadhan di sekitar bundaran Alun-Alun Lumajang banyak hadir penjual menawarkan aneka makanan dan masakan untuk berbuka puasa. Ada gorengan atau sayuran berkuah. Macam panganan yang ditawarkan dari tahun ketahun tak banyak berubah.

Tapi sepulang kerja sore itu (9/5/19) ketika melintas depan SD Kantolik ST  Yoshep ada penjual yang menjual dagangannya lain daripada umumnya yang dijual saat jelang buka puasa.

Penjual ikan bakar.

Lapaknya menyendiri alias tak uyel-uyelan (berdesak-desakan) dengan yang lain. Kalau ia buka lapak di sekitar  bundaran Alun-Alun bisa-bisa penjual makanan dan masakan di dekatnya cemberut karena kena kepulan asapnya.

Lapak dagangnya yang ditata sederhana sekali menawarkan beberapa macam ikan bakar. Katanya, ia dari Probolinggo. Semua ikannya dari hasil tangkapan laut yang masih segar. Di sisi lain ada tungku bakar yang tengah menyala dan kepulan asapnya yang cukup semarak. Pembeli yang sudah mandi sore dan wangi bila mampir ke lapaknya baunya akan nyaris sama dengan asap bakaran itu.

Tapi jangan kuatir, ikan yang dijual adalah ikan hasil tangkapan laut yang benar-benar segar, dan dibakar di lapak itu agar Anda tak kerepotan memasaknya nanti. Dan Anda akan mendapatkan rasa manis khas ikan yang baru ditangkap. Harga ikan bakar itu kisaran Rp. 20.000,00. Ikan yang dibakar itu adalah ikan banyar.

Tak hanya menjual ikan banyar bakar saja, ia juga menjual ikan pari bakar siap dibungkus tanpa bakar di tempat. Harganya murah meriah Rp. 3.000,00 per potong. Ikan pari bakar yang dijualnya adalah yang apik karena tidak berbau ‘amoniak’ atau pesing istilah umumnya.

Ikan bakar banyar bisa disajikan dalam balutan sambal lalu diberi kecap manis. Jangan lupa ditambahkan jeruk pecel. Pasti kemlecer liur Anda dan suasana buka puasa jadi ‘seru’. Ditambah nasi panas yang akan mempengaruhi jumlah porsi makan Anda. Efeknya jelas, yaitu  Anda akan nambah, nambah terus.

Ayo, lebih sering sajikan ikan laut dalam menu makan buka puasa. Kalau tidak…bisa ditenggelamkan Bu Susi Pudjiastuti lho. Hehehe

Lebih lengkapnya tonton video ini sebentar…

Penulis: KSmartini Muchdor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *