Roti Keras dan Padat Khas Indonesia Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik Dunia

Roti keras dan padat khas Indonesia ini masuk daftar 50 roti terbaik dunia.  Sebagian besar kita tentu tidak mengetahui kalau tanggal 16 Oktober adalah Hari Roti Sedunia, yang diperingati setiap tahunnya. Meskipun saat itu, tanggal 16 Oktober, Hari Roti Sedunia bagi kita tidak nge-fek (berefek) karena tidak semua orang suka roti.

Serta, meski roti bukan makanan pokok masyarakat kita tapi ada nama roti khas buatan Indonesia masuk dalam daftar 50 roti terbaik dunia versi CNN, yakni roti gambang atau di Semarang lebih dikenal dengan roti ganjel rel. Roti gambang ini masuk daftar 50 terbaik dunia karena telah dikurasi oleh oleh chef pastry yang juga seorang penulis perjalanan dan kuliner, bernama Jen Rose Smith.

Karena roti gambang ini mempunyai cita rasa khas lokal dalam resep olahannya seperti gula aren, kayu manis dan taburan wijen sebagai toping maka roti gambang ini masuk daftar 50 roti terbaik dunia.

Meski teksturnya keras dan padat namun sensasi aroma coklat dan kayu manis yang menohok hidung saat kita nikmati akan melupakan kerasnya tekstur roti tersebut. Mungkin akhirnya oleh masyarakat  di Semarang dinamai roti ganjel rel. Sangking keras dan padatnya, ya.

Bagi Anda yang bermasalah dengan gigi karena tidak kuat mengunyah yang keras tapi masih ingin menikmati roti ganjel rel ini bisa dicelupkan ke minuman kopi atau teh terlebih dahulu agar kerasnya berkurang. 

Jangan lupa, ahli pastry bilang roti ini bagus untuk pencernaan. Dua potong saja sudah cukup membuat kita kenyang. Roti keras dan padat khas Indonesia ini masuk daftar 50 roti terbaik dunia.

Sumber:  www.food.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *