Pesawat British Airways Menjadi Motif Tato di Dada Pria Suku Dayak

Pesawat British Airways menjadi motif tato di dada pria suku Dayak. Tato atau rajah adalah suatu gambar yang ditorehkan pada tubuh dengan menggunakan cat khusus (pigmen).

Tato bisa berarti sebagai suatu seni yang indah yang menggunakan tubuh sebagai medianya. Bisa juga tato sebagai identitas diri.

Tato sudah ada sejak 3000 tahun SM (sebelum masehi) , dan pertama kali dikenal saat ditemukan mummy di Mesir. Sejak saat itu tato menyebar ke suku-suku di penjuru bumi. Termasuk suku Indian di Amerika Serikat, Pollenesia serta Asia yang kemudian menular ke suku Dayak Kalimantan.

Tujuan membuat tato bagi seseorang bisa jadi sebagai penanda kebanggaan atas jati dirinya. Juga simbol keberanian simbol keberanian dari pemilik tato serta simbol keberuntungan, status sosial.

Bagi suku Dayak  Kalimantan tato adalah wujud penghormatan diri pada leluhur yang direprensentasikan lewat gambar atau simbol tertentu yang bisa menjadi media untuk menyatakan kehadiran leluhur di dalam alam.

Bagi suku Dayak alam menjadi tiga yaitu Dunia Atas, Dunia Tengah serta Dunia Bawah.

Untuk simbol yang mewakili Dunia Atas terlihat pada motif tato burung Enggang, Bulan, dan Matahari.

Sedangkan Dunia Tengah disimbolkan dengan Pohon Kehidupan yang merupakan tempat hidup manusia.

Dunia Bawah disimbolkan sebagai seekor Ular Naga.

Keberadaan tato ditubuh suku Dayak  berikut simbol dunia mewakilinya untuk  mempermudah kelak menuju alam kematian kelak.

Bila tubuh ditato apa suku Dayak boleh  memilih sesuka hati tato  yang hendak dirajah pada tubuhnya?

Ternyata penggunaan motif tertentu sebuah tato pada tradisi suku Dayak tidak boleh dilakukan sembarangan, harus disesuaikan dengan keberadaan orang tersebut.

Gambar tato untuk orang biasa dengan  orang-orang penting tidaklah sama, seperti tato para Temenggung, para Baliatn, para Demang, dan para Panglima perang.

Meskipun aturan tradisi tato  dalam suku Dayak yang ketat, belakangan ini motif tato Suku Dayak mulai luntur seiring perkembangan zaman. Hal itu diketahui dari akun IG @ natgeoindonesia yang menunjukan potret seorang pria asal Suku Dayak tengah menampilkan tato dengan motif pesawat British Airways.

Tonton video berikut…

(sumber: Grid.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *