Pengaruh Warna Pada Pertumbuhan Pscikologi Anak Usia Dini (1)

Pengaruh warna pada pertumbuhan pscikologi anak. Warna memengaruhi fungsi tubuh, pikiran, dan emosi dengan energi yang dihasilkan oleh cahaya. Studi yang dilakukan dengan menunjukkan manfaat warna guna perkembangan otak, kreativitas, produktivitas, dan pembelajaran. Pengaruh warna pada manusia bisa bervariasi; bisa membuat gembira, memberikan ketenangan, memberi inspirasi, meningkatkan kecemasan atau ketegangan atau memberikan kedamaian. Pengaruh ini dapat dilihatpada anak-anak. Anak-anak bisa lebih peka terhadap warna.

Karena pengaruh warna begitu penting  maka dalam memilih warna haruslah sesuai dengan karakter anak. Menggunakan warna merah secara terus-menerus  terhadap  anak yang sering cemas,  entah itu warna merah di kamar, atau pakaian merah, atau memberi mereka ransel merah, hal itu akan bisa membuatnya semakin gelisah dan tegang. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak yang sangat aktif juga.

Ketika warna energik merah digunakan pada atau di sekitar anak yang sangat aktif, kombinasi tersebut dapat menyebabkan anak yang terlalu aktif sepanjang hari. Ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan mereka,  ini tidak baik. Akan lebih tepat untuk menggunakan warna biru, hijau dan ungu dalam milik anak-anak yang energik dan gelisah.

Karena pengaruh warna juga penting bagi pertumbuhan anak dibutuhkan pemahaman karakter sebuah warna. Apakah warna kian membuat meningkat dalam hal positif atau menambah efek buruk yang ditimbulkannya. Begitu juga dalam pemilihan warna untuk kamar anak harus menarik dan menghibur. Untuk warna yang diterapkan pada dinding kamar anak adalah warna yang tidak menyilaukan matanya dan anak tidur jadi nyaman.

Kamar tidur menjadi hal yang biasa bagi orang tua. Namun beda bagi anak, kamar adalah tempat ia tidur, bermain sendiri dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Semakin muda usia anak, semakin mudah kamarnya. Kamar bayi dan anak berusia 4 tahun tidak boleh sama jika memungkinkan.

(sumber: renk etkisi)

Baca ini… Kakek Pun Suka Mewarnai Gambar!

Baca juga…Jadual Mobil Layanan PT TASPEN (Persero) Lumajang Tahun 2019

Baca juga … Jalur Sepeda Dihias Digital Art 3D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *