Momen-Momen Rayakan Lulus Sekolah, Kebahagiaan Orangutan Sumatra di Habitatnya

foto: nationalgeographic.grid.id

Momen-momen rayakan lulus sekolah, kebahagiaan orangutan Sumatra di habitatnya. Orangutan punya sekolah khusus. Orangutan piatu atau yang pernah bersama manusia, menjalani sekolah untuk belajar bisa mengurus diri sendiri di tempat tinggal aslinya.

foto: nationalgeographic.grid.id

Orangutan merupakan satwa kekayaan Indonesia yang terancam punah karena beberapa faktor, yakni mulai dari tempat tinggal yang rusak, perburuan sampai konflik dengan manusia. Akan tetapi berkat perhatian pemerintah dan para pihak, beberapa kabar positif terus mengiringi usaha perlindungan orangutan kera besar yang tinggal di Sumatra dan Kalimantan itu.

foto: nationalgeographic.grid.id

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melepasliarkan dua oranutan sumatera (Pongo abelii) ke pusat reintroduksi Cagar Alam Jantho di Aceh Besar, Selasa (18/6/2019).

foto: nationalgeographic.grid.id

Dua ekor orangutan yang masing-masing berumur empat tahun dan lima tahun itu hampir dua tahun untuk belajar mengurus diri di pusat rehabilitasi dan forest school ( sekolah hutan ) sampai akhirnya dikembalikan ke alam liar.

foto: nationalgeographic.grid.id

Semenjak 2011 hingga 2019, Yayasan Ekosistem Leuser (YEL) dan BKSDA Aceh tercatat sudah melepasliarkan 121 ekor orangutan di kawasan hutan cagar alam Jantho.

(sumber: nationalgeographic.grid.id.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *