Misterius! Suku Asli Indonesia ini Punya Bola Mata Biru Seperti Mata Orang Eropa

Misterius! Suku asli Indonesia ini punya bola mata biru seperti mata orang Eropa. Bagi kita, orang Indonesia, bila kita bertemu dengan suku yang jauh tinggal di pelosok tapi mempuyai keunikan tersendiri membuat kita menjadi bertanya-tanya.

Suku itu adalah suku Lingon.

Dari namanya saja kita sangat asing, jarang kita dengar. Sedikit yang orang yang mengetahui keberadaannya.

Suku Lingon ini menetap di daerah terpencil dan jarang terekspos media massa. Letaknya di Pulau Halmahera. Yang bisa kita kenali dari ciri fisik suku Lingon ini adalah mereka berperawakan seperti orang Eropa.Kulit putih. Suku Lingon ini termasuk dalam ras kaukasoid, yang menjadikan postur tubuhnya  serupa orang Eropa. Dan yang paling istimewa adalah warna bola matanya yang biru itu. Ini suatu yang langka terjadi.

Namun ternyata hal itu ada sejarahnya mengapa suku Lingon mempunyai mata biru yang ‘kinclong’.

Beratus-ratus tahun yang lalu, sebuah kapal asal Eropa karam dan tenggelam di perairan pulau Halmahera. Kemudian para penumpangnya yang selamat dan terdampar lalu menetap di pulau Halmahera. Itulah yang kemudian disimpulan oleh penduduk di sekitar nya bahwa orang Eropa yang terdampar itu adalah nenek moyang suku Lingon. Selama ratusan tahun mereka menetap  dan kemudian beranak-pinak membentuk suku sendiri.

Seperti kepercayaan awal suku-suku lain di Nusantara,  ada yang mengatakan,  kepercayaan suku Lingon menganut kepercayaan animisme dan dinamisme.

Ada perkiraan bahwa suku Lingon sebenarnya sudah punah, walaupun belum ada penelitian yang akurat mengenai hal itu. Namun ada lain lagi yang mengatakan bahwa orang suku Lingon sudah berbaur bersama suku-suku lain di Kepulauan Maluku.


(sumber: TribunBatam.id) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *