Meskipun Terdapat 6 Juta Tengkorak di Terowongan Paris, Tempat Ini Menjadi Tujuan Para Wisatawan

Foto: Kuburan Les Innocent tahun 1550 (wikipedia)

Meskipun terdapat 6 juta tengkorak di terowongan Paris, tempat ini menjadi tujuan para wisatawan. Kota Paris yang terkenal dengan imej keglamoran dan romantis habis ternyata ada cerita yang menyeramkan tentang jutaan tengkorak manusia di Paris, Prancis.

Sekitar 6 juta tengkorak manusia ditata sisi-sisi dinding di sebuah terowongan yang dulunya bekas tambang. Ada pun nama terowongan itu Katakomba Paris atau Catacombs of Paris, yang merupakan salah satu tujuan wisata. 

Berdasar sejarah Prancis, saat era awal industri banyak warga pedesaan Prancis yang berduyun-duyun ke kota karena banyaknya lowongan pekerjaan dan juga ingin menikmati gemerlapnya kehidupan kota.

Masa industrial yang berkembang pesat Paris menerima banyak masalah seperti kepadatan penduduk, penyakit dan kematian.

Ketika jelang akhir abad ke-18 ketersediaan lahan untuk hunian dan lahan untuk kuburan semakin meningkat. Salah satu kuburan Paris terbesar pada tahun 1700-an, Les Innocents, dilaporkan mengeluarkan bau busuk yang menyengat dari mayat-mayat yang dikubur.

Akibat bau mayat yang menyengat tidak hanya mengganggu udara bersih dan kesehatan juga berdampak pada penjualan parfum yang menurun dratis karena aroma parfum tidak mampu menutupi bau busuk dari kuburan Les Innocents yang letaknnya di tengah kota Prancis.

Mei 1780 kuburan di Paris benar-benar ‘meledak’. Lantaran tidak kuat menahan luberan mayat-mayat yang tak terhitung itu dinding ruang bawah tanah sebuah properti diberitakan jebol. Dimana saat musim hujan, penyakit dari mayat-mayat yang membusuk menghantui warga kota Paris.

Foto: terowongan bekas tambang yang digunakan untuk pemakaman (wikipedia)

Akhirnya dalam beberapa bulan, pemerintah langsung menutup Les Innocent dan pemakaman kota lainnya. Semenjak itu, tidak ada lagi mayat yang bisa dimakamkan di dalam kota.

Sebagai jalan keluar atas dilarangnya kuburan di dalam kota, pemerintah memanfaatkan terowongan bekas tambang kuno pada 1787 sampai 1814 dan memindahkan ratusan ribu tengkorak di dalam terowongan tambang. Di luar gerbang diberi tulisan sebagai Barrière d’Enfer atau berarti “Gerbang Neraka”.

Lokasi Katakomba Paris atau Catacombs of Paris yang terletak 20 meter dari permukaan dan masih menjadi tempat yang penuh dengan misteri.

Meski begitu banyak wisatawan berkunjung Katakomba Paris dan tak lupa mereka diberi peringatan ketika memasuki terowongan agar menggunakan jalur khusus dan sudah ditandai. Jika masuk ke jalur terlarang, maka akan berakibat fatal.

Foto: Katakomba Paris atau Catacomb of Paris (pixabay)

Pernah terjadi pada tahun 2017 saat tiga remaja tersesat selama 3 hari di terowogan itu lantaran memasuki jalur larangan, beruntung bisa diselamatkan.

(sumber : hitekno.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *