Mesin Scanner Mimpi Pertama di Dunia

Mesin scanner mimpi pertama di dunia. Saat beragam orang pintar sibuk dengan penelitian planet luar bumi dan kecanggihan teknologi robot, para ilmuwan negara jepang ini memilih untuk beranjak lebih jauh tentang rasa ingin tahu tentang sebuah mimpi. Ini sebuah upaya yang menakjubkan. Lantas dibuat dan dikembangkan mesin penerjemah mimpi ini.

MRI Scanners Kembangkan Bentukan Gambaran Mimpi

Teknologi pembentukan gambar dalam mimpi dengan cepat memberikan hasil pengembangan dari MRI (Magnetic Resonance Imaging) Scanners yang  dikembangkan oleh Tim ilmuwan di Jepang ini, yang mana terhubung langsung dengan otak sehingga pada tampilan di monitor komputer akan menunjukkan subjek gambar yang disusun kembali berdasarkan kulit lapisan luar otak.
MRI scan seperti halnya dengan CT scan, namun bedanya MRI scan meminta kita untuk berbaring di sebuah tabung besar yang berbentuk mirip ban mobil. MRI scanner kemudian memancarkan medan magnet berkekuatan puluhan ribu kali magnet bumi ke bagian tubuh Anda yang dipelajari.

Waktu yang dibutuhkan dalam pemindaian MRI bervariasi, tergantung pada kondisi dan bagian tubuh yang dipelajari. Secara umum, MRI membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit. Saat pemindaian Anda perlu memakai penyumbat telinga atau headphone karena MRI scanner menghasilkan kebisingan yang cukup keras. Alat scanner MRI ini aman untuk semua orang termasuk ibu hamil dan anak-anak. Terkecuali bagi yang pernah kecelakaan dan ada pen penyambung tulang yang patah, juga pada tubuh orang yang tersemat pompa insulin, alat pacu jantung, katup jantung buatan, dls karena bisa membuat alat tersebut rusak. Begitu juga dapat merusak mesin MRI yang sangat mahal karena sensitif akan gerakan-gerakan dari alat yang berada dalam tubuh seseorang.

Tahapan Perekaman Gambar Mimpi

Teknologi ini seperti saat retina mengenali obyek yang kemudian secara kontinyu diubah menjadi sinyal elektrik yang dikirim ke kortek visual otak.
Peneliti kemudian menyelidiki bagaimana sinyal elektrik bisa ditangkap dan kemudian merekonstruksi menjadi sebuah gambar.

Para ilmuwan Jepang ini meneliti, bagaimana sinyal eletronik merekam dan merekonstruksi menjadi gambaran. Untuk itu dibuat software yang dapat memvisualisasikan fikiran sehingga mimpi bisa muncul di layar komputer.

Untuk sekarang, teknologi ini hanya mampu memproduksi gambar sederhana dari otak. Akan tetapi penemuan terakhir membuka jalan dalamm upaya mendalami mimpi serta proses otak lain.

Yukiyaso Kamitani yang memimpin penelitian itu dari ATR Computational Neuroscience Laboratories mengatakan penemuan itu pertama kalinya di dunia yang memungkinkan menvisualisasi langsung dari aktivitas otak. “Dengan mengaplikasikan teknologi ini kita bisa merekam dan memutar ulang gambar khususnya yang difikirkan orang termasuk mimpi.” Mesin scanner mimpi pertama di dunia.

sumber: www.maxmanroe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *