Menjalin Hubungan Agar Berusia Panjang (2)

Menjalin Hubungan Agar Berusia Panjang. Menjalin hubungan adalah yang paling pandai diperbuat otak kita. Ia menerima informasi dan indera kita dan memprosesnya dengan membuat asosiasi-asosiasi. Otak kita senang belajar dan asosiasi-asosiasi ini. Bertumbuh dan berkembang ketika menjalin hubungan.
Manusia pun demikian. Adalah suatu fakta ilmiah bahwa orang yang menjalin hubungan itu berusia lebih panjang. Dalam karya mereka, Keep Your Brain Alive, Lawrence Katz dan Manning Rubin mengutip studi studi yang diadakan oleh McArthur Foundation dan International Longevity Center di New York serta di University of Southern California. Studi-studi mi menunjukkan bahwa orang-orang yang tetap aktif secara sosial dan fisik mempunyai usia lebih panjang  ini tidaklah berarti bahwa bergaul dengan kelompok yang itu-itu juga dan naik sepeda. Melainkan ke lüar mendapatkan teman-teman baru

Ketika Anda menjalin hubungan di dunia luar, Anda menjalin hubungan di dunia dalam — di pikiran Anda. inii membuat Anda awet muda serta tajam. Edward M. Hallowell, dalam bukunya yang sangat baik, Connect, mengutip Alameda County Study yang diadakan pada tahun 1979 oleh Dr. Lisa Berkman dan Harvard School of Health Sciences. Dr. Berkman serta timnya dengan seksama menelaah 7,000 orang, berusia 35 hingga 65, selama kurun waktu sembilan tahun. Studi mereka menyimpulkan bahwa orang yang kurang bersosialisasi serta kurang ikatan komunitas itu hampir tiga kali lebih mungkin mati karena penyakit medis daripada mereka-mereka yang menjalin banyak hubungan luas. Dan semuanya ini tidaklah tergantung kepada status sosial ekonomi.

(ditulis ulang : Karya Nicholas Boothman)

Baca juga….> Tujuan Menjalin Hubungan (1)

Lanjut yang sensasional? Klik di sini…>Kenakan Busana Pengantin dalam Video di Instagram, Lucinta Luna Nikah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *