Menggunakan Spesifikasi Khusus Tinta Pemilihan Umum di Indonesia

Menggunakan spesifikasi khusus tinta pemilihan umum di Indonesia. Kalau yang  sudah menyoblos di TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdekat ujung jari kelingking berwarna ungu kebiruan, yang menandakan orang tersebut sudah melakukan hak pilihnya.

Tinta penanda ini sudah digunakan di berbagai negara di dunia dan sudah 50 tahun negara-negara lain memanfaatkan untuk keperluan pemilihan umum di negaranya. Tahun 1950 India adalah negera pertama yang menggunakan tinta sebagai penanda seseorang telah menyoblos. Indonesia baru menggunakan pada pemilihan umum tahun 1999.

Tak sembarang spesifikasi tinta pemilu ini. Tinta ini mempunyai daya rekat kuat pada kuku dan kulit ari dan tidak mudah terhapus oleh air, sabun maupun cairan mengandung klorin. Warna tinta mampu bertahan 1 sampai 3 hari. Ada yang bilang, tinta tersebut bisa hilang dengan lotion. Iya bisa. Tapi tidak serta-merta hilang dalam jangka waktu singkat.

Perlu diketahui tinta pemilu dibuat dari zat pewarna khusus ditambahkan perekat serta dibantu senyawa Perak Nitrat (AgNO3) dengan konsetrasi 2%, agar tinta tidak lekas hilang. Semua ini bertujuan agar tak ada pemilih ganda pada sebuah TPS. Itulah sebabnya megapa harus menggunakan spesifikasi khusus tinta pemilihan umum di Indonesia.

(sumber : google search)

Baca juga… Budsies, Membuat Anak-Anak Bahagia Dengan Mengubah

Baca juga…Wanita Ini Nyaris Kehilangan Nyawanya Lantaran Melakukan Implan Payudara

Baca juga… Seekor Beruang Berjoget Melebihi Trio Macan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *