Madu Gila Nepal

Madu gila Nepal. Madul gila ini adanya di negara Nepal, tepatnya di pegunungan Annapurna. Terletak di sebuah desa bernama Gurung. Madu yang dihasilkan dari lebah apis dorsata ini tersembunyi di bawah kerak-kerak pinggir tebing.

Pada musim semi, suku Gurung berburu madu gila yang ada di pegunungan Annapura dan ini adalah tradisi dari leluhur yang dilakukan turun-temurun. Untuk mendapatkan madu gila ini para pemburu madu mendaki bukit setinggi 30 kilometer dan tergantung 100 meter dari bibir tebing untuk menjangkau sarang lebah madu tersebut. Mereka harus menuruni tebing-tebing curam menggunakan tangga buatan dari bambu serta menggunakan pakaian pelindung agar terhindar dari sengatan lebah yang bisa bengkak.

Butuh dua orang untuk bergantung di tangga bambu, satunya untuk melepaskan sarang madu gila dan satunya menadah madu gila yang dijatuhkan.

Disebut sebagai madu gila karena madu ini mengandung zat langka yang disebut grayanotoksin yang asalnya dari bunga rhododendron yang dikenal mengandung efek memabukkan. Ada yang menyebutnya sebagai racun mematikan, ada yang menyebutnya sebagai afrodisiak, obat-obatan yang ampuh, dan bahkan bisa juga penyebab halusinasi. Bagi yang meminum madu ini tidak boleh lebih dari setengah sendok makan.

Madu gila Nepal ini sebutan lain dari mad honey itu  laku dijual seharga US$ 492 atau setara dengan Rp 6,8 juta per kilogram.

Sumber: @youtube/vice Indonesia

Sumber gambar : @youtube/vice Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *