Kenangan Angpao Lebaran

Kenangan Angpao Lebaran

Kenangan Angpao Lebaran. Kalian semua pasti mengalami hal ini ketika Lebaran tiba dan inilah yang kalian tunggu-tunggu. Ayo, apa? Coba tebak!

Baju baru? Kue kesukaan buatan nenek? Ketupat plus opor ayam?

Bukan, bukan itu. Masak lupa, sih.

Angpao!

Kenangan Angpao Lebaran

Ya, itu bener, angpao. Anak kecil paling suka dapatkan ini ketimbang permen coklat ataupun ayam goreng selezat ayam Kentucki.

Sehabis sungkem atau cium tangan pada nenek dan kakek atau saudara dari orang tua kita biasanya mereka langsung memberi beberapa lembar uang. Ini sebuah kebiasaan yang ada dalam serangkaian acara Lebaran. Sejatinya tradisi ini bermakna untuk berbagi kebahagiaan.

Mendadak saya teringat saat masih ada Mbah Kung (kakek). Saat Lebaran selalu saya antre untuk salaman dan tentunya berharap lembaran uang yang gres kunyus-kunyus. Seiring waktu, saya sudah bekerja dan bisa memproleh uang sendiri dan tidak berharap menerima angpao. Itu hanya untuk anak kecil saja.

Setelah menyium tangan Mbah Kung mendadak saya diberi uang selembar, senilai seratus rupiah. Saya kaget karena ini sebuah surprais. Kata Mbah Kung, “Biar kamu masih merasakan masa kecilmu waktu dapat uang Lebaran. Kamu kan sudah lama tidak kemari.” Saya nangis terharu, bahagia! Mbah Kung seolah mengatakan, bukan seberapa besar nilai uang yang membuat bahagia tapi dibalik itu sebuah kenangan berharga yang indah yang membuat kita bahagia.

Kenangan Angpao Lebaran

Tangan Mbah Kung saya cium lagi. Terima kasih, Mbah Kung!

“Minta tambah lagi tuh, Mbah Kung! Salamannya dobel.” Ledek salah satu sepupu saya. Saya tertawa. Tertawa bahagia. Selamat Lebaran, ya!

Itu cerita saya saat lebaran kisaran tahun 1992. Lupa, sih soalnya. Hehehe. Kenangan Angpao Lebaran.

Baca juga yang ini: Tradisi Idulfitri Unik di Berbagai Belahan Dunia

Habis itu, baca yang ini juga: Mencari Jodoh di Pasar Pengantin Komunitas Kalaidzhi

Ditulis : KSmartini Muchdor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *