Kenali Sifat dan Pengaruh Warna pada Diri Kita (4)

1. Merah

Merah adalah warna yang paling dominan di antara semua warna. Merah adalah rangsangan yang kuat. Dalam studi ilmiah, merah telah diamati memiliki efek yang lebih merangsang pada aktivitas visual dan fungsi sistem saraf otonom dibandingkan dengan biru.

Merah menarik semua perhatian dan mengubah efek warna lain. Lensa mata harus menyesuaikan untuk dapat fokus pada warna merah. Titik fokus alami berada di belakang retina. Efek merah berkurang karena berubah menjadi merah muda, dengan penambahan putih dan untuk mendapatkan nada yang lebih lembut dan lebih tenang.

Untuk alasan ini, penggunaan warna merah pada dinding kamar anak-anak harus dihindari. Karena efeknya yang kuat dan hangat. Merah dapat digunakan sebagai aksen di kamar anak-anak yang dibuat dalam warna krem, biru dan coklat. Menggunakan warna merah pekat di ruangan anak yang berfungsi sebagai ruang belajar, bermain dengan teman-temannya dan tidur, dapat memiliki efek negatif pada anak. Anak-anak dapat merasakan diri mereka tegang dan agresif di kamar-kamar yang dicat merah pekat.

2. Kuning

Kuning adalah warna yang paling menyenangkan pada skala warna. Kuning melambangkan kebijaksanaan dan kebaikan. Kuning memancarkan kehangatan, kegembiraan, antusiasme, kesenangan dan inspirasi. Efeknya tidak separah merah. Kuning adalah warna yang relatif  lebih terang dan karena itu memiliki efek menyegarkan.

Simbol kuning mewakili siang hari dan komunikasi pencerahan mental dan spiritual. Karena fakta itu juga memengaruhi daya ingat, motivasi, dan perhatian, sangat cocok untuk digunakan di kamar anak-anak. Namun, penggunaannya yang intens dapat menyebabkan ketegangan dan kemarahan. Studi yang dilakukan mengungkapkan bahwa penggunaan warna kuning yang intens dapat menyebabkan bayi lebih banyak menangis.

Lingkungan yang lebih tenang dan lebih damai untuk anak-anak dapat dibuat dengan menggunakan kuning dalam kombinasi dengan biru dan hijau di kamar bayi.

3. Biru.

Biru, dalam segala hal adalah kebalikan dari merah. Sedangkan bila biru transparan dan basah akan nampak menjadi merah buram dan kering. Secara psikologis, sifat  biru adalah dingin dan nyaman, kebalikan dari kehangatan dan kegembiraan merah. Tidak sam dengan merah, biru mengurangi suhu tubuh, tekanan darah, dan denyut nadi. Biru membangkitkan perasaan puas, lapang dan nyaman karena menjadi warna langit dan lautan juga. Saat warna biru mendekati hitam dengan tambahan hitam, ia bisa menjadi depresi dan melankolis. Biru adalah warna yang sangat direkomendasikan untuk digunakan di kamar anak-anak. Khususnya di kamar bayi, penggunaan warna biru membantu perasaan bayi agar nyaman dan damai dalam tidur. Biru juga menurunkan suasana pada anak-anak yang aktif dan bersemangat karena efeknya yang menenangkan. Dan Anda dapat merubah warna pada kamar Anda, yang semula warna merah dan kuning, berubah menjadi biru.

4. Hijau

Hijau, secara psikologis mewakili kesehatan, dan memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Hijau mengingatkan kita pada damai, tenang dan tenang. Karena fakta bahwa lensa mata berfokus pada hijau pada retina, hijau adalah warna yang paling santai.

Kuning hijau memberikan karakter yang elegan untuk warna ini, sedangkan biru menjadikannya hangat. Hijau muda mengurangi tekanan. Secara simbolis hijau mewakili kekuatan alam dan kehidupan dan karenanya dianggap sebagai warna yang paling alami, santai, menenangkan, dan seimbang. Sinyal merah “berhenti” ada bahaya, sedangkan sinyal hijau “aman menyeberang” dan dengan demikian mengurangi ketegangan dalam tubuh. Hijau dapat digunakan dengan mudah di kamar anak-anak  dan remaja. Penggunaan warna hijau di kamar bayi membuat damai dan nyaman saat tidur bayi.

Ketika hijau digunakan dengan lebih banyak unsur kuning, hijau bisa menyegarkan pikiran, dan karenanya dapat digunakan di kamar remaja untuk menumbuhkan kesuksesan di sekolah. Ketenangan biru dan kejernihan mental yang dicapai dengan kuning akan berdampak baik pada mereka.

5. Oranye

Oranye lebih lembut dan lebih sederhana dibandingkan dengan merah. Oranye melambangkan kebahagiaan, kemampuan bersosialisasi, sifat ekstrovert, juga kegembiraan. Padu-padan kegembiraan warna merah dan energi kuning. Oranye sangat ideal dalam mengatasi kelelahan. Oranye memancarkan kehangatan, meningkatkan nafsu makan dan membantu Anda bangun pagi-pagi. Oranye sangat ideal untuk digunakan di kamar anak-anak introvert dengan masalah bersosialisasi. Oranye secara fisik mewakili kepercayaan diri, kemandirian, dan sampai tingkat tertentu persaingan. Jika ada ruang rekreasi terpisah di rumah Anda dan anak Anda menghabiskan waktu di sana bersama teman-temannya, Anda dapat dengan mudah menggunakan nuansa oranye di ruangan ini.

6. Ungu

Ungu adalah campuran merah dan biru yang secara fisik dan psikologis saling bertentangan. Nuansa yang berbeda mengingatkan pada kerapuhan, keanggunan dan kekayaan; Namun, terkadang beberapa warna terbukti mengganggu.

Ungu merangsang bagian otak yang terkait dengan kreativitas. Pada saat yang sama memiliki efek menenangkan. Violet adalah warna ungu yang lebih terang dan termasuk dalam spektrum. Ungu di sisi lain adalah warna yang kompleks dan dalam hal jenis warna ada perbedaan besar di antara semuanya.

Gadis sangat suka pink dan ungu. Ungu adalah warna yang tepat untuk anak-anak. Ungu dapat dengan mudah digunakan di kamar anak-anak prasekolah yang biasanya terlibat dalam kegiatan kreatif serta kamar anak perempuan remaja untuk tujuan berkontribusi pada keterampilan akademik mereka. Karena fakta bahwa itu juga berkontribusi pada ketenangan fisik dan spiritual, warna ungu dan warna yang berbeda dapat digunakan di kamar anak-anak yang hiperaktif dan sangat bersemangat.

7. Merah Muda

Merah muda, yang merupakan campuran merah dan putih, secara fisik mempengaruhi kita dengan cara yang positif. Merah muda santai dan hangat. Merah muda adalah satu-satunya warna merah terang. Warna lebih terang lainnya hanya hijau muda atau biru muda. Warna merah muda juga merupakan warna yang kuat secara psikologis. Merah muda mewakili kelangsungan makhluk hidup serta feminitas. Ini memiliki efek yang sangat menenangkan. Terlalu banyak warna pink bisa melelahkan dan malas. Tidak cocok menggunakan warna pink di kamar anak-anak yang pemalu dan tertutup karena merah muda bukan warna yang energik. Hal ini dapat menyebabkan menarik lebih lanjut dari jenis anak-anak ini. Merah muda dengan nada merah yang lebih rendah dapat dengan mudah digunakan di kamar anak-anak yang aktif dan energik. Itu membangkitkan perasaan hangat dan damai.

8. Coklat

Coklat terdiri dari merah, kuning, dan hitam. Coklat hampir sama seriusnya dengan hitam; Namun, bisa dikatakan lebih lembut dan lebih hangat. Coklat memiliki kualitas seperti itu berkat merah dan kuning di dalamnya. Ini adalah warna yang terkait dengan alam dan alam semesta. Coklat begitu intens, dapat diandalkan, hangat dan positif.

Berbeda dengan hitam, coklat dianggap dapat diandalkan dan mendukung oleh banyak orang. Dapat digunakan secara khusus di kamar remaja. Karena fakta bahwa coklat adalah warna yang membumi yang dipengaruhi oleh energi merah dan kuning dan kentalnya hitam, coklat bisa terbukti membantu dalam mengembangkan perasaan tanggung jawab dan perlindungan pada remaja. Coklat adalah warna yang terkait dengan kemauan dan hasrat. Coklat sebagai warna memiliki pengaruh positif terhadap keluarga dan pertemanan remaja. Pada saat yang sama memberikan kedamaian dan ketenangan. Coklat menenangkan semangat para remaja dan membantu mereka untuk tetap membumi di bidang akademik. Untuk mencapai kesuksesan dalam pendidikan bersamaan dengan relaksasi, Anda dapat memilih untuk mewarnai bagian kamar anak remaja Anda dengan warna yang intens kuning. Selain itu, warna krem ​​dan jerami yang halus dapat digunakan bersama di pembibitan. Warna ini menimbulkan perasaan percaya diri dan santai.

(sumber: renk etkisi)

Yang sebelum ini bisa dibaca juga…..Pengaruh Warna Pada Pertumbuhan Pscikologi Anak Usia Dini (1)

Baca ini juga….Bagaimana Warna Mempengaruhi Anak-anak (2)

Lanjut baca ini….Bagaimana Warna Mempengaruhi  Otak Anak dan Diri Sendiri? (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *