Kenali Jenis-Jenis Taman Di Sekitar Kita

Kenali jenis-jenis taman di sekitar kita. Sekarang ini di lingkungan kita banyak taman yang direnovasi dan ada yang dibuat baru. Juga pemerintah menambah RTH (Ruang Terbuka Hijau) dengan tujuan tentu untuk mengurangi dampak panas, penyaring polusi udara serta untuk menambah keindahan lingkungan.

Ternyata taman itu mempunyai banyak jenis dan fungsinya, yaitu:

  1. Taman alami: taman yang ada lalu dilakukan sedikit pembenahan dan penataan dengan disesuaikan dengan kondisi lingkungan agar masih terkesan alami dan menyatu. Seperti: hutan kota, hutan mangrove.
  2. Taman buatan : taman yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu , seperti menghadirkan beberapa jenis bahan alami (bunga, pohon, batu, dll) dan pabrikasi (patung, gazebo, dll).

Taman Dilihat Dari Segi Kebutuhan

  1. Taman Rekreasi Aktif, maksudnya adalah taman ini digunakan sebagai aktivitas kesenangan juga kebugaran. Semisal di taman itu disediakan playground, areal terapi terus ada semacam panggung seni dan areal skateboard.
  2. Taman Rekreasi Pasif, yakni taman yang dibuat seindah mungkin ditata dengan apiknya agar pengunjung betah dan senang. Semisal pengunjuang hanya untuk bersantai-santai ria duduk sembari menikmati keindahan taman dan berbincang santai dengan teman. Atau berfoto-foto untuk mengabadikan betapa indahnya taman di sekitarnya itu.
  3. Taman Rekreasi Aktif dan Pasif, taman ini dibuat untuk menunjang keindahan suatu lingkungan yang khusus, seperti yang biasa kita lihat di lingkungan perumahan, lingkungan sekolah, lingkungan perkantoran dan lain sebagainya.
taman rekreasi aktif
taman rekreasi aktif
taman rekreasi pasif
taman rekreasi aktif dan pasif

Selain taman yang dilihat dari jenis dan fungsinya, ternyata taman mempunyai banyak unsur di dalamnya, yaitu:

  1. Unsur vegetasi, yang terdiri dari : pohon, perdu (seperti: bougenvil, kana, dll) ; semak (seperti: teh-tehan); penutup tanah (seperti: krokot, dll), rumput.
  2. Unsur pendukung, yang terdiri dari: kolam, air mancur, tempat duduk, gazebo, batu-an, jalan setapak, jalan perkerasan dan lampu taman.
lampu taman sebagai penerangan juga estetika

Kalau Anda tengah berkunjung ke sebuah taman jadi langsung tahu, jenis taman apa yang saat itu Anda datangi dan nikmati. Kenali jenis-jenis taman di sekitar kita.

sumber: www.arsitag.com

sumber gambar: koleksi author/KSmartini Muchdor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *