Kartini Kartini Setangguh Kartono

Kartini Kartini setangguh Kartono. Selalu setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Tanggal itu adalah tanggal kelahiran seorang perempuan bernama Kartini. Sosok perempuan tangguh dan simbol bangkitnya kesetaraan gender dalam masalah pendidikan.

Membedakan manusia dengan manusia lainnya adalah hanyalah bentuk fisik, lelaki dan perempuan. Sedangkan iman, kecerdasaan dan semangat sejatinya tidak membedakan mana pria, mana wanita.

Untuk itu mengapa Kartini begitu gigihnya memperjuangkan persamaan hak-hak kaumnya agar mendapat kebebasan menuntut ilmu dan belajar, saat itu. Ia juga menginginkan agar wanita mandiri.

Kartini selalu bersyukur ia mempunyai kakak lelaki yang cerdas dan paling berpengaruh dalam pemikiran-pemikirannya tentang perjuangannya untuk nasib kaum perempuan.

Kakak sulungnya itu bernama  R.M.P Sosrokartono, atau cukup dipanggil Kartono, seorang lelaki yang cerdas, lulusan sekolah Teknik Tinggi di Leiden.

Oleh karena perjuangan Kartini pada kaumnya, Presiden Soekarno menetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional  pada tanggal 2 Mei 1964

Beda Kartini jaman dulu dan Kartini jaman sekarang

Karena perjuangan Kartini waktu itu, perempuan Indonesia jaman sekarang bebas menentukan langkah apa saja yang menjadi tujuan hidupnya. Menentukan cita-citanya. Dan banyak tampil perempuan cerdas, tangguh dan sukses dalam bidang yang menjadi pilihannya.

Dari kaum milenial

1. Tasya Kamila

Wanita kelahiran 22 November 1992 ini masuk  di industri hiburan sejak kecil yang dikenal sebagai penyanyi lagu “Libur Telah Tiba”.

Meski begitu, ia tidak mengabaikan pendidikannya sama sekali.  Ia berhasil menyabet gelar S2 di Universitas termahal di dunia, Colombia University, Amerika Serikat. Tasya mengambil jurusan Public Administration konsentrasi Enviromental Policy and Management. Ia bahkan memberikan andil yang cukup besar bagi bangsa dengan menjadi perwakilan delegasi Indonesia untuk PBB.

2. Maudy Ayunda

Sama seperti Tasya Kamila, Maudy Ayunda juga mengawali karirnya sejak usianya masih kecil lewat film Untuk Rena di tahun 2006.  Tak hanya bermain film, ia pun mengembangkan bakatnya ke industri musik dan menjadi seorang penyanyi yang sukses.

Maudy telah menamatkan pendidikan S1-nya di Universitas Oxford, Inggris, dan ia mengambil jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics). Dan sekarang ia akan melanjutkan pendidikan S2 di Standford University.

Kartini dari Kaum Birokrat

1. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjastuti, nama yang tidak asing bagi kita. Seorang wanita cerdas dan tangguh dalam bidang yang menjadi pilihan hidupnya, yakni bidang perikanan. Namanya cukup menjadi momok bagi pencuri ikan di wilayah laut Indonesia, yang terkenal dengan jargon, “Tenggelamkan!”

Selama di departemen perikanan dan kelautan, perikanan Indonesia melaju pesat dan mendapat banyak penghargaan dari luar negeri. Begitu juga peningkatan kesejahteraan nelayan meningkat.

2. Tri Rhismaharini

Seorang walikota Surabaya yang terpilih dua periode untuk memimpin Kota Surabaya. Sama seperti Susi Pudjiastuti. Ia wanita ulet, cerdas dan tangguh dalam mengatasi permasalahan kota Surabaya. Dalam kepemimpinan Tri Rhismaharini Kota Surabaya sangat indah dengan banyak taman bermain bagi anak-anak dan taman-taman yang memperindah setiap sudut Kota Surabaya. Warga Kota Surabaya menjulukinya “Wagiman”, singkatan dari walikota gila taman.

Akibatnya ia mendapat banyak penghargaan dari dalam negeri juga luar negeri. Kota Surabaya menjadi contoh pembangunan baik dalam negeri serta manca Negara.

(sumber : google search)

Baca juga….Sinopsis Cerita Dora and The Lost City of Gold

Baca juga… Wanita Ini Nyaris Kehilangan Nyawanya Lantaran

Baca juga… Anak Anda Berbicara Sendiri? Itu Tanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *