Kakek Pun Suka Mewarnai Gambar! Ternyata Ini Manfaat Terbesarnya

Kakek Pun Suka Mewarnai Gambar! Ternyata Ini Manfaat Terbesarnya. Ketika datang di sebuah pameran buku terbesar se-Asia Tenggara yang diadakan di Surabaya, beberapa waktu lalu ada jenis buku yang menyuri perhatianku, buku mewarnai seukuran A3. Atau berukuran 29,7 cm x 42 cm. Tanpa berpikir lama ambil beberapa.

Seorang kakek perlahan-lahan berdiri di sisiku dan membolak-balik buku mewarnai tanpa berlama-lama kakek itu mengambil lima buah buku mewarnai dan dimasukkan ke troli belanjanya.

Setelah di rumah, di waktu luang setelah membeli pensil warna di toko buku tetangga mulailah menyoba mewarnai. Tanpa menyoba memadupadankan warna. Asal saja goreskan pensil warna ke pola gambar yang masih polos. Bentuk kelopak bunga. Hanya dua warna kutorehkan di gambar tersebut hasilnya luar biasa.

Dalam seminggu mewarnai gambar berhasil kuselesaikan. Ada keindahan. Ada sukacita.

Setelah kuketahi kemudian mewarnai banyak memberikan manfaat,. Berdampak sangat positif pada diri kita, terapi dengan seni memang memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Meskipun sekilas nampak seperti aktivitas anak-anak padu, namun orang dewasa juga bisa merasakan manfaatnya,  yaitu:

– Menurunkan tingkat kecemasan

Hasil peneltian mengatakan bahwa kegiatan mewarnai bisa berefek therapeutik guna menurunkan kecemasan, mempertajam fokus, dan menjadikan pikiran lebih tenang, bahkan bisa membantu turunkan tingkat stres.

Penelitian juga mengatakan efek dari mewarnai adalah sama seperti saat kita melakukan meditasi. Ini semua lantaran mewarnai menjadikan otak kita bisa terus fokus pada aktivitas mewarnai saja. Jadi jika ada orang punya gangguan kecemasan lalu mengerjakan kegiatan mewarnai dengan serius, maka pikiran-pikiran yang tengah membuatnya kecemasan dapat dienyahkan jauh-jauh.

Dengan adanya manfaat tersebut, mewarnai dapat memberikan efek positif pada orang-orang dengan keluhan kecemasan, obsessive-compulsive disorder, stres, depresi.

Menciptakan perasaan senang

Mewarnai dapat menumbuhkan pikiran yang menyenangkan. Karena, seseorang yang sedang mewarnai akan terfokus pada bentuk dan ukuran gambar, serta memilih warna-warna yang diinginkan.

– Mengaktifkan kemampuan otak bagian frontal

Saat mewarnai, otak bagian frontal akan teraktivasi. Otak bagian frontal berperan penting untuk ingatan, menyelesaikan masalah, kemampuan berbahasa, kemampuan bersosial dan spontanitas.

Nostalgia masa kecil

Aktivitas mewarnai serasa kembali ke masa masih kecil. Dimana ketika itu kita belum dibebani tanggung jawab, saat kita bisa lakukan sesuatu yang hanya dikarenakan ingin dan tidak memiliki kewajiban yang harus dikerjakan. Kembali sesaat pada masa-masa seperti ini akan membuat kita melupakan dari pikiran-pikiran yang membuat stres dan cemas.

– Mengasah otak kiri dan kanan

Kesenangan mewarnai dapat mengaktifkan kedua sisi otak: kiri dan kanan. Saat mewarnai, Anda hanya memikirkan tentang keselarasan warna, pemilihan warna dan cara mengaplikasikan pensil warna, sehingga kemampuan motorik halus maupun kemampuan menyelesaikan masalah menjadi terasah dengan baik.

Makanya kenapa kakek itu memborong buku mewarnai…ternyata itu manfaatnya

O, iya, buku mewarnai untuk orang dewasa bisa dibeli di marketplace Indonesia.

Penulis : KSmartini Muchdor

(Sumber : google search)

Baca ini… Menciptakan Karakter Terkenal Dari Karya Seni Kertas Yang Luar Biasa

Baca ini…Kenali Sifat dan Pengaruh Warna pada Diri Kita (4)

Baca ini…Bocah Lelaki Usia 11 Tahun Berbakat Merajut dari Benang dan Jarum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *