Jualan Laris di Tempat Sepi

Jualan Laris di Tempat Sepi. Ketika ada pekerjaan dengan lokasi yang cukup jauh jarak tempuhnya dan mesti melalui lereng pegunungan yang penuh kelok namun mengasyikan ada sesuatu yang mencuri perhatian, yaitu pedagang kaki lima.

Mungkin bagi orang lain pedagang ini biasa saja tidak ada istimewanya. Namun bagiku lain, buatku ini uniq. Yaitu cara milih lokasi jualan yang sepi. Hanya ia satu-satunya yang jualan di tempat itu. Depan lokasinya tebing tanpa tangkis dengan pepohon yang tinggi menggapai langit, dan belakangnya jurang. Tak hanya itu, posisi lapaknya di tikungan yang cukup berbahaya. Bagi dirinya juga orang lain.

“Kenapa pilih jualan di sini. Di sini kan sepi?” tanyaku. Sembari makan semangkuk baksonya. Lumayan buat menghangatkan badan karena saat itu cuaca lagi gencar menebarkan dinginnya yang nyaris sedingin es degan. “Kok tidak jualan di bawah sana, di geladak perak, Pak? Di sana kan ramai.”

“Rejeki  sudah ada yang ngatur.”  Jawabnya. Lokasinya kira-kira 3 km dari Galadak Perak, Lumajang, jalan ke arah Malang.

Bener juga sih rejeki ada yang atur. Tapi kalau menurut perkiraanku, mungkin kalau jualan di tempat sekarang ia tidak ada pesaingnya, hanya dia saja penjual satu-satunya. Terus, adanya sinyal Telkom yang terjangkau. Terbukti begitu sampai di lapak bakso itu dering hapeku langsung berbunyi. Penelpon mengatakan dari tadi menghubungiku di luar area sinyal terus. Di samping pilihan lokasi, alasan yang lain adanya tangkapan sinyal bagus. Pengendara motor yang melewati lereng itu jika ingin komunijasi dadakan tentu cari tempat yang ada sinyalnya.  Tempat jual bakso sekarang adalah tempat tangkapan sinyal yang bagus. Juga adanya sinyal di situ berguna sekali baginya bila terjadi sesuatu ia bisa cepat meminta bantuan. Nah, jadi penjual bakso itu tidak asal pilih lokasi jualannya, bukan.

“Yang beli di sini banyak kan, Pak?” tanyaku.

“Alhamdulillah banyak.”  jawab penjual bakso. Dan ia sudah lima bulan jualan di tikungan itu.

Jangan lupa ya, pak, bilang ke tamu-tamunya kalau parkir motornya yang rapi kuatir kesrempet kendaraan besar dari arah bawah, dan keselamatan pengendara kendaraan yang lain.

catatan perjalanan: 4 September 2018

Penulis : KSmartini Muchdor

Baca ini, ya. Cocok buat Anda…>Akibat Cara Jualan Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *