Jogotrunan Mbludak Karena Festival Tempe 2019

Jogotrunan Mbludak Karena Festival Tempe 2019. Berbagai festival dan gelaran acara- acara yang melibatkan para UKM ataupun UMKM sering diadakan digagas warga dan didukung oleh pemerintah daerah masing-masing dengan tujuan menampilkan potensi ekonomi suatu wilayah dan tentunya juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Bu Suprapti, salah seorang pengunjung, foto depan gunungan tempe dan tempe modhot

Seperti halnya festival tempe yang ke-3 pada Sabtu (12/10/2019) yang berlokasi di Jalan Hariyono, Kelurahan Jogotrunan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Jam 7 pagi waktu setempat sudah banyak warga berduyun-duyun datang ke tempat itu untuk menikmati sajian aneka olahan dari tempe.

tempe modhot untuk acara peresmian pembukaan festival tempe, dipotong oleh wabup

Stand yang menyajikan tempe ada 3. Pada stand pertama para timnya yang terdiri dari ibu-ibu menggoreng tempe, keripik tempe juga mendol untuk disajikan pada para penggunjung. Gratis. Tentu yang dilabel gratis lebih berjubel pengunjung dan cepat habis. Di stand ini juga menjual kripik tempe dan aneka minuman tradisional.

Stand kedua hanya menyajikan potongan-potongan tempe sebagai sampel hasil olahan dari pengusaha tempe yang berasal sebagian besar dari Desa Bagusari. Stand ketiga hampir sama dengan stand pertama namun tidak ada acara goreng-menggoreng.

selalu habis tempe goreng yang di hampar di tempeh hanya dalam hitungan menit
tempe gulung untuk keripik tempe yang dijual dalam bentuk gulungan
hamparan sampel tempe dari para pengusaha tempe

Tidak hanya festival tempe yang ditampilkan namun juga bazar, yang menyajikan aneka penganan dan minuman hasil olahan warga setempat. Tak hanya kulineran namun banyak produk kerajinan berupa tas, pernak-pernik hiasan rumah.

Festival ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang, Ibu Indah Amperawati dengan ceremonialnya memotong tempe modhot (melar, panjang) yang panjangnya 5 meter. Jogotrunan Mbludak Karena Festival Tempe 2019.

Author: KSmartini Muchdor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *