Inilah Penyebab Perut Keroncongan

Inilah Penyebab Perut Keroncongan. Pernah tidak dengar istilah “perut keroncongan”? Ya itu istilah kalau perut kita dalam keadaan kosong atau timbul rasa lapar. Keroncongan berasal dari keroncong, salah satu jenis musik yang ada di Indonesia. Jadi perut dalam keadaan kosong bisa menimbulkan bunyi, perut bernyanyi.

Inilah Penyebab Perut Keroncongan
Inilah Penyebab Perut Keroncongan

Kenapa bisa demikian? Apa perut kita berbunyi hanya waktu lapar saja?

Perut berbunyi suatu telah menjadi topik yang menarik untuk dibahas bagi para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Sebenarnya perut berbunyi disebabkan oleh perut dan usus kecil, dan berbunyi sepanjang waktu.

Inilah Penyebab Perut Keroncongan
Inilah Penyebab Perut Keroncongan

Baca juga: Hot Dog Terbesar Pecahkan Guinness World Record

Pada dasarnya sistem pencernaan adalah tabung panjang yang memanjang dari mulut hingga ke anus. Dalam proses pencernaan makanan terjadinya gelombang kontraksi otot yang terus-menerus mendorong makanan ke bawah. Proses ini adalah proses peristaltik. Tidak hanya makanan dan cairan yang masuk dalam pencernaan gas dan udara juga mengikutinya. Karena ada makanan maka bunyi dalam perut tak terdengar, suara itu telah diserap oleh makanan.

Apabila terjadi kontraksi otot lagi dalam kondisi perut kosong, maka kantong-kantong gas dan gelembung udara menyebabkan suara lebih keras. Bunyi perut atau perut keroncongan adalah cara perut memberi tahu kita akan rasa lapar dan perlu diisi. Inilah Penyebab Perut Keroncongan.

sumber : www.kompas.com

oleh : KSmartini Muchdor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *