Ini Masalah Mekanik yang Klasik. Bagaimana Cara Terbaik untuk Mengeluarkan Saus Tomat dari Botol Kaca?

Bagaimana cara terbaik untuk mengeluarkan saus tomat dari botol kaca. Ada satu cara lain yang mungkin sering Anda saksikan di restoran-restoran: menunggingkan botol di atas piring, kemudian memukul-mukul pantatnya. Padahal yang mereka perbuat boleh jadi akan membuat Isaac Newton menggeliat bangun di tempat peristirahatan terakhirnya di Westminster Abbey. Sir Isaac Newton telah mengajarkan kepada kita (setidaknya itu yang ada dalam pikirannya) tiga buah hukum tentang gerak, kaidah-kaidah dasar mekanika yang mengatur gerak segala sesuatu. Andai saja ia sudah mengenal saus tomat (yang baru datang ke Inggris sekitar beberapa lama setelah kematiannya pada tahun 1727), boleh jadi ia akan mengeluarkan hukum keempatnya, yang berbunyi: “Siapa pun yang memukul pantat botol saus hanya akan membuat isinya melesak semakin dalam.” Atau, karena menurut Sir Isaac setiap aksi mempunyai sebuah reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah, berarti saus tomat atau sambal akan semakin sulit dikeluarkan— padahal bukan ini tujuan Anda.

Sebaliknya, metode memberikan sebuah gaya sentrifugal, ke arah luar, tetapi setelah itu Anda menahan botolnya (semoga tangan Anda tidak berminyak) sehingga hanya saus tomat yang masih di bawah pengaruh gaya sentrifugal.

Jadi bagaimana kira-kira saran Sir Isaac Newton untuk mengeluarkan saus tanpa terlalu menarik perhatian? Untuk itu ada dua cara.

1. Pertama, dengan memegang botol mendatar kemudian menyentakkann ya ke depan, sedemikian sehingga ujung botol membentuk lintasan busur pendek ke arah bawah, gaya sentrifugal ke arah luar dan ke pusat lingkaran karena itu bergerak ke luar melalui leher botol, yang mudah-mudahan bisa tepat masuk ke piring Anda, bukan ke teman santap yang Anda undang. Yang belakangan dapat terjadi andaikata busur lingkaran Anda terlalu tinggi di atas piring.

Dicoba saja

2. Cara kedua yang lebih aman adalah menyentakkan botol dari atas ke bawah sepanjang sumbunya sambil mengarahkannya Iangsung ke piring tetapi berhenti tepat sebelum menyentuh makanan. Begitulah Cara terbaik untuk mengeluarkan saus tomat dari botol kaca.

Tonton video berikut…

(Ditulis ulang dari buku karya Robert L. Wolke berjudul “What Einstein Didn’t Know”)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *