Google Maps Merilis Fitur Suara Panduan Untuk Membantu Orang-Orang Tunanetra

Berbahagia kita Google maps merilis fitur suara panduan untuk membantu orang-orang tunanetra. Untuk menandai Hari Pengelihatan Sedunia pada tanggal 10 Oktober,  Google Maps mengumumkan peluncuran fitur tambahan yang memberikan panduan suara yang lebih rinci kepada orang-orang tunanetra. Itu termasuk jenis peringatan suara untuk membantu perjalanan para tunanetra agar tahu apakah mereka berada di rute yang benar, seberapa jauh sampai belokan berikutnya dan ke arah mana mereka berjalan.

Fitur panduan suara terperinci ini akan membantu orang yang sulit melihat agar lebih hati-hati saat bepergian. Serta memberi tahu pengguna kapan harus berbelok juga akan memperingatkan mereka ketika mereka mendekati persimpangan besar. Apabila pengguna tidak sengaja keluar dari rute maka pengguna dapat notifikasi suara dan diarahkan kembali sesuai rute awal.

Ini adalah gagasan dari Wakana Sugiyama, analis bisnis berbasis Tokyo yang bekerja di Google dan yang kebetulan seorang tunanetra.

‘Sebagai seorang wanita buta yang tinggal di Tokyo, saya tahu bahwa berkeliling di lingkungan yang tidak dikenal bisa menjadi tantangan,’ Sugiyama menjelaskan dalam sebuah posting blog. ‘Saya dapat dengan mudah pergi dari pintu depan saya ke meja saya di tempat kerja; ini adalah perjalanan yang saya lakukan secara teratur dan saya hapal.’

‘Menyenangkan apabila ada teman yang menemani dalam perjalanan ke tempat tujuan saya. Akan tetapi pergi ke suatu tempat yang baru dan asing bisa menjadi pengalaman yang menakutkan tanpa gambaran dari teman yang membimbing Anda.’

Panduan suara untuk navigasi pejalan kaki bagi para tunanetra mulai diluncurkan hari ini, saat peringatan Hari Pengelihatan Sedunia, di android dan iOS. Namun saat ini baru tersedia untuk kawasan Amerika Serikat dan Jepang dalam bahasa Inggris. Rencana ke depannya, Google berencana akan merilis fitur ini ke berbagai negara dalam ragam bahasa lain di luar Bahasa Inggris.

Fitur baru ini ada dalam menu Settings pada aplikasi Google Maps. Pilih ‘navigasi.’ di bagian bawah daftar, opsi untuk mengaktifkan ‘panduan suara terperinci’ dapat ditemukan, terletak di bawah judul ‘pilihan berjalan’. Google maps merilis fitur suara panduan untuk membantu orang-orang tunanetra.

sumber: www.designboom.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *