Festival Musik dan Seni Lembah Coachella

Festival musik dan seni lembah coachella. Coachella adalah festival musik dan seni tahunan yang diselenggarakan di Empire Polo Club di Indio, California, tepatnya di Inland Empire, Coachella Valley di Gurun Colorado. Festival ini disebut juga dengan Coachella Valley Music and Arts Festival atau Coachella atau Festival Coachella.

Tahun 1999 Paul Tollett mendirikan Coachella ini, selanjutnya diselenggarakan oleh Goldenvoice yang merupakan anak perusahaan dari AEG Live.

Acara Coachella ini tidak hanya menyajikan banyak genre musik, seperti rock, hip hop, indie, dan musik dansa elektronik, namun juga terdapat instalasi seni dan patung.

Di lapangan, terdapat beberapa panggung maraton yang diselenggarakan dengan deretan tenda-tenda besar dan panggung utama yang menjadi rumah musik.

Panggung utama seperti Coachella Stage, Outdoor Theatre, tenda Goci, tenda Mojave, dan kemah Sahara, ada juga yang lebih kecil yaitu Oasis Dome digunakan pada tahun 2006 dan 2011, sedangkan Yuma merupakan panggung baru yang diperkenalkan pada tahun 2013.

Berawal dari konser 1993 dimana Pearl Jam manggung di festival ini, di Empire Polo Club sesaat setelah memboikot tempat yang dimiliki oleh Ticketmaster. Acara ini akhirnya menjadi inspirasi sebuah situs untuk hosting acara besar, yang mengarah kepada Coachella Festival.

Festival Coachella perdana yang diadakan di bulan Oktober 1999 berjalan selama dua hari, festival Coachella tetap diselenggarakan kendati hanya memiliki jarak sekitar tiga bulan setelah bencana Woodstock ’99.

Setelah itu tidak ada acara Coachella di tahun 2000. Coachella kembali hadir dengan konsep sebagai acara tahunan yang diadakan di bulan April 2001, acara ini berlangsung sebagai acara satu hari.

Tahun 2002, Coachella ini kembali ke format acara dua hari. Kemudian pada tahun 2007 Coachella diperpanjang, ada hari ketiga. Setelah itu Coachella merupakan acara yang dilaksanakan pada weekend di bulan April pada tahun 2012.

Kemudian panitia mempertahankan untuk menyelenggarakan Coachella dengan durasi 3 hari selama weekend di bulan April, dan setiap pekan itu akan menyajikan keistimewaan dan menjadi ciri khas yang patut ditunggu oleh penikmat musik dan seni.   

Coachella telah menampilkan artis populer dengan berbagai musik, serta mendukung artis pendatang baru dan kelompok legenda untuk melakukan reuni kembali. Penyanyi dan band-band besar seperti AC/DC, Guns N ‘Roses, Amy Winehouse, Dr. Dre dan Snoop Dogg, Bj√∂rk,  Prince, Wu-Tang Clan, Arcade Fire, The Killers, Coldplay, Radiohead, Madonna, Daft Punk, The Cure, Eminem, Kanye West, Gorillaz, Paul McCartney, The Black Keys, Nine Inch Nails, Rage Against the Machine, Beck, The Strokes, Jay-Z, The White Stripes, Lana Del Rey, Muse, Beastie Boys, Florence and the Machine, Red Hot Chili Peppers, Sam Smith, Foo Fighters, Ellie Goulding, dan Kesha.

Coachella adalah salah satu festival musik terbesar, paling terkenal, serta paling menguntungkan di Amerika Serikat. Di tahun 2015 saja festival musik dan seni lembah coachella telah mampu menjual 198.000 tiket dan menghasilkan 84.300.000 dollar atau senilai lebih dari 1 trilyun rupiah. Nilai yang fantastis ini juga termasuk dalam sebuah rekor dunia.

Tonton video festival musik dan seni lembah coachella

(sumber: bernas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *