Fantastis! Terjual Durian Seharga Rp 684 Juta, Rekor Termahal di Festival Durian di Thailand

Fantastis! Terjual durian seharga Rp 684 juta, rekor termahal di Festival Durian di Thailand. Baru-baru ini ada duarian yang terjual dengan harga Rp. 684 juta sebuah! Hal itu terjadi di Festival King of Durian di Thailand tepatnya di kota Nonthaburi. Durian jenis kanyao itu masuk dalam daftar salah satu durian termahal.

Sebagai durian termahal dunia durian kanyao ini berhasil memecahkan rekor karena sisi bentuk, bobot, dan kematangannya, semua dianggap sempurna.

Durian kanyao itu dipetik sehari sebelum dilelang. Pemilik kebun durian Pa Toi Lung Mu, Maliwan Han Chai Tai mengatakan, “Saya tahu ini durian yang sangat istimewa. Saya terpukau dengan nilai jualnya.” Lanjutnya ia mengatakan, semula mengira durian itu akan terjual seharga 1 juta Baht atau sekitar Rp 456 juta, ternyata lebih dari itu. Senang sekali Maliwan dapat kabar tentang hasil lelangnya. Cerita Maliwan pada tanggal 1 Juni 2019.

Di acara festival buah tersebut, yang paling murah durian dijual seharga 20 ribu Baht atau kisaran Rp 9,1 juta.

Mungkin karena durian disebut King of Fruit apalagi buahnya begitu mempesona maka diperlakukan istimewa, dimana setiap durian itu diletakkan pada bantal merah dihiasi benang emas.

Durian yang dilelang dengan harga fantastis ada sembilan jenis. Jenis- jenis durian yang terpilih ini antara lain: durian Kanyao, durian Monthong, dan durian Kop Med Tao, dibuka dengan harga Rp 135 juta.

Dianggap yang terbaik durian Kanyao disebabkan tekstur yang lembut dan rasanya manis. Durian jenis kanyao ini sempat menghilang beberapa tahun lantaran wilayah perkebunan durian kanyao dilanda banjir besar. Hanya perkebunan durian milik Maliwan yang menanamnya kembali.

Kemudian muncul pertanyaan, siapa pembeli durian milik Maliwan itu? Dijawab singkat oleh Maliwan, ” yang membeli adalah pengusaha lokal. ”  

Adapun hasil lelang di Festival King of Durian tersebut akan dinikmati oleh para petani dan sebagian lagi disumbangkan pada yayasan kemanusiaan.

(sumber: tempo.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *