Donat Bedak Donat Tradisional, Bertahan Sepanjang Masa

Donat bedak donat tradisional, bertahan sepanjang masa. Donat tradional yang biasanya kita dapatkan di pasar tradional bentuknya bulat dan berlubang di tengah. Tampilannya sederhana sekali hanya dilumuri gula halus. Tanpa toping warna-warni yang meriah. Meski begitu donat ini termasuk jenis roti yang popular di Indonesia.

Donat yang berasal dari adonan tepung terigu, telur, mentega dan ragi lalu digoreng. Bisa juga adonannya ditambahkan dengan kentang kukus yang dihaluskan lalu diaduk dengan bahan lainnya.

Waktu di sekolah dasar emakku sering bikin donat ini sebagai bekal sekolah. Ciri donat bikinan emakku ada rasa kentangnya. Biar tambah mantap, kata emakku. Oya, tak lupa donat itu dibaluri gula halus.

Namanya donat gula, jawab emakku ketika kutanya nama donat yang dibuatnya. Namun aku punya nama sendiri untuk donat itu, kunamai “donat bedak”. Karena donat itu dibalut gula putih halus jadinya dia seperti perempuan yang memakai bedak yang menor. Hahaha… Donat bedak donat tradisional, bertahan sepanjang masa.

Penulis: KSmartini Muchdor

Sumber gambar: Instagram.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *