Cara Mudah Menulis Artikel Bagi Pemula

Cara Mudah Menulis Artikel Bagi Pemula. Bagi pemula yang ingin menulis artikel untuk mengisi konten di website atau blog pribadinya tentulah muncul rasa bingung yang menguasainya. Di benak langsung muncul pertanyaan: Mulai dari mana? Bagaimana menulisnya? Ditambah ketika mendengar kata artikel, wuih, pastinya kita mengira itu sebuah tulisan ilmiah yang butuh keahlian khusus.

Artikel itu sendiri adalah karangan berdasar kenyataan secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui media cetak, blog, website, dsb) yang bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Langkah simpel menulis artikel :

  1. Bagi pemula ganti kata artikel dengan kata sejenis yang ringan, semisal artikel itu cerita lepas. Biar terasa ringan mengerjakannya.
  2. Menyeritakan hal yang ringan yang pernah Anda alami dengan bahasa dan cara yang Anda mampu. Cara menulisnya seperti cara Anda bercerita pada teman dekat Anda. Contohnya begini : “Tahu tidak, bro, tadi malam aku dapat kejutan istimewa dari Dhea, yang selama ini aku incar. Kamu kan tahu Dhea primadona di kantor yang punya paras nyaris kayak Dian Satro, bintang film yang terkenal itu tuh…. Bahagianya aku, guys!!” Untuk nambah wawasan, simak gaya bercerita Hilman lewat karyanya yang terkenal “Lupus”. Dimana cara menulis cerita Lupus itu Hilman seperti dia bercerita pada temannya yang ada di depannya. Tak berjarak. Atau… contoh yang lain lagi, gaya menulisnya Arswendo Atmowiloto, yang mengalir lancar.
  3. Bertema. Cerita yang tersaji harus bertema agar fokus apa yang Anda ceritakan, tidak melantur kemana-mana. Biar pembaca Anda tidak bingung.
  4. Ide bisa dari sekitar lingkungan Anda. Perhatikan suasana di rumah, atau di lingkungan RT Anda, pasti ada yang bisa dibuat cerita atau tulisan, yang selama ini tidak Anda sadari. Misalnya begini. “Kerja bakti di lingkunganku dilakukan setiap dua minggu sekali. Bagiku, kerja bakti tidak sedekar kerja bakti namun yang utama adalah silatuhrahmi antar tetangga. Bisa disebut Time to kongkow-kongkow. Kerja baktinya cuma setengah jam namun yang bikin lama acara kerja bakti adalah ngobrol sambil ngemil pisang goreng yang habiskan waktu satu jam lebih. Hihihi…”
  5. Terus bila Anda menulis cerita tentang yang berbau tutorial. Contoh “Cara membakar sate kambing tanpa gosong”. Kalau ini bahasanya agak teknik dan runut. Tapi jangan kuatir, Anda bisa menyontoh dari youtube cara mereka memaparkannya. Perhatikan baik-baik. Simak berulang-ulang. Catat bila perlu. Saya yakin Anda bisa.
  6. Jangan takut salah cara menempatkan titik komanya, atau tanda baca lainnya. Yang penting tulis saja. Kalau sudah terbiasa menulis, dengan berjalan waktu, secara alamiah Anda akan paham bagaimana menyusun kalimat dan penempatan titik koma, serta unsur EYD (Ejaaan Yang Disempurnakan) pada sebuah artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *