Bukan Lagi Sekadar Imaginasi Science Fiction, Masalah Cyber Crime dan Cyber Security Butuh Teknisi Khusus

Bukan Lagi Sekadar Imaginasi Science Fiction, Masalah Cyber Crime dan Cyber Security Butuh Teknisi Khusus. Saat dengar kata cyber crime mendadak otak kita menampilkan sebuah adegan film dengan seorang yang tengah menghadap peralatan canggih seperti komputer untuk membobol keamanan suatu website penting dan berusaha menyuri data rahasia, atau masuk sistem keamanan suatu bank.

Dulu itu hanya terjadi di film, sebuah kejadian yang fiktif belaka. Namun sekarang tidak lagi. Kejadian meretas sistem keamanan sering terjadi karena perkembangan dunia digital yang canggih berkembang pesat.

Pada masa sekarang ini, nyaris seluruh  aspek kehidupan kita terkoneksi dengan internet. Internet benar-benar sudah menjadi bagian yang tak terpsahkan seperti kebutuhan sehari-hari, bisnis dan publik. Seperti beragam data yang berada di internet, mengakibatkan kemunculan  pihak-pihak yang berusaha ambil keuntungan dengan tujuan yang merusak. Semakin canggih perkembangan dunia digital, semakin ramai pula cyber crime atau kejahatan lewat dunia maya tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan itu, pengembang teknologi digital di seluruh dunia mengandalkan cyber securityatau keamanan siber. Teknisi-teknisi yang mumpuni di bidang ini sangat dibutuhkan, sehingga studi tentang keamanan siber terus dilakukan. Dan hal-hal yang terkait terus dibahas secara spesifik serta diusahakan untuk menemukan inovasi baru yang dapat menjadi jalan keluar untuk berbagai macam kejahatan siber.

George Mason University sebuah universitas yang terkenal dengan fakultas tekniknya sejak dulu. Universitas ini merupakan universitas dengan jurusan Cyber Security yang terkemuka di Amerika. Jika berminat mengambil jurusan Cyber Security di Amerika, kampus ini sangat direkomendasikan.

Berdiri pada 1972, George Mason University sekarag ini merupakan universitas riset terbesar di Virginia. Universitas ini menduduki posisi 136 berdasarkan U.S. News Global Universities Ranking 2019. Sekolah teknik di universitas ini, Volgenau School of Engineering, telah memiliki 25 tahun pengalaman dalam bidang big data dan cyber security. Sedangkan jurusan Cyber Security sendiri berada di posisi ketujuh pada peringkat nasional oleh Ponemon Institute.

Ada beberapa program di tingkat sarjana yang bisa dipilih jika mengambil jurusan Cyber Security di George Mason University, yaitu:

1. Bachelor of Applied Science: Concentration in Cyber Security
2. Computer Science, BS
3. Cyber Security Engineering, BS
4. Information Technology: Concentration in Information Security, BS

Sedangkan jurusan-jurusan yang dapat dipilih di tingkat magister adalah:

1. Applied Information Technology: Concentration in Cyber Security, MS
2. Computer Science, MS
3. Data Analytics Engineering: Concentration in Digital Forensics, MS
4. Digital Forensics and Cyber Analysis, MS
5. Information Security and Assurance, MS
6. Management of Secure Information Systems, MS

Selain menawarkan sejumlah program terkait cyber security pada tingkat sarjana dan magister, George Mason University juga memiliki fasilitas khusus yaitu Center for Secure Information Systems (CSIS).

Center for Secure Information System (CSIS) berdiri pada tahun 1990 dan merupakan sentral akademik pertama di Amerika dalam bidang keamanan. CSIS menyediakan lingkungan khusus untuk mendorong pengembangan keahlian dalam aspek teoritis dan terapan keamanan sistem informasi. Penekanan CSIS pada keamanan informasi menjadikannya unik di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Amerika.

Jika kamu mengambil jurusan Cyber Security di George Mason University ini, Anda akan merasakan pengalaman belajar di universitas yang progresif dalam riset serta terkemuka dalam bidang tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program-program Cyber Security di George Mason University ini, Anda dapat mengunjungi halaman Course Finder atau langsung menghubugi konselor SUN Education di kantor cabang terdekat.

(sumber :suneducationgroup.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *