Asian Festival 2019 di Bulgaria, Indonesia Sukses Memukau Pengunjung

foto: dok KBRI Sofia

Asian Festival 2019 di Bulgaria, Indonesia sukses memukau pengunjung. Tak bisa dipungkiri sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang terbesar devisa non migas. Dalam tahun 2019  pemerintah menggenjot pendapatan Negara melalui sektor ini. Berbagai acara tradisional atau festival-festival budaya atau unik lebih sering ditampilkan. Diekspos. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun ditampilkan raga budaya Indonesia lewat festival-festival melalui kedutaan besar Indonesia.

Seperti di Bulgaria. Kedutaan Besar RI di Sofia mengadakan Asian Festival. Sebuah festival yang menghadirkan ragam budaya dari negera-negara di asia. KB Indonesia di Sofia merupakan penggagas festival ini dan tahun 2017 merupakan Asian Festival yang pertama diselenggarakan. Tahun ini merupakan Asian Festival yang ketiga yang diikuti 16 negara, seperti Bangladesh, China, India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Kuwait, Korea Selatan, Palestine, Pakistan, Philippines, Saudi Arabia, Thailand, United Arab Emirates, hingga Vietnam. Festival ini sudah menjadi tradisi tahunan setiap musim panas di Bulgaria

Asian festival 2019 mengusung tema Keajaiban dari Timur. Dan dibuka oleh Wakil Presiden Bulgaria. Adapun pengunjung diperkirakan sekitar 12.000 orang memadati festival ini sepanjang hari.

Tarian Barong Bali yang memimpin parade pembukaan acara Asian Festival ini diikuti penampilan wakil negara-negara yang berpartisipasi. Dalam sambutannya Wakil Presiden Bulgaria sangat mengapresiasi acara ini dengan harapan untuk meningkatkan ‘people to people contact’ menembus batas-batas antar negara.

Sri Astari Rasjid, Duta Besar Republik Indonesia di Bulgaria,  sebagai pemimpin Asian Festival menyampaikan tujuan festival itu adalah memperkenalkan ragam kebudayaan, menyatukan perbedaan serta membawa perdamaian.
Tujuan lain diselenggaralan Asian Festival itu yaitu membawa Asia lebih dekat ke Bulgaria, serta diharapkan hubungan Asia dan Bulgaria saling membuka peluang kerja sama yang lebih luas di bidang pariwisata, kebudayaan dan perdagangan.
Negera-negara yang mengikuti festival tersebut menampilkan berbagai kebudayaan dan tarian, seni bela diri, musik tradisional, sampai musik pop. Disertakan juga berbagai jenis kuliner, kerajinan, dan suvernir juga tersedia di tiap-tiap stand negara peserta.

foto: dok KBRI Sofia

Paling unik saat diperagakan pesona nusantara diperagakan oleh para model dari Bulgaria. Bermacam-macam pertunjukan budaya ini mendapat sambutan meriah dari para pengunjung. Mereka antusias berfoto dengan para penampil dalam festival itu.

Tidak hanya menyajikan parade budaya saja, Indonesia di festival ini mengadakan workshop belajar angklung, tari, membatik dan bermain congklak yang merupakan favorit anak-anak. Di stand Indonesia yang dihias patung ogoh-ogoh raksasa.

Selain itu mengenalkan berbagai produk Indonesia seperti mie instan, teh, sabun mandi, dan lain-lain. Masakan dana makanan yang disajikan di stand Indonesia seperti martabak, dadar gulung, sate, nasi kuning dan tempe laris manis diserbu pengunjung sebelum acara selesai. Untuk mengukur minat peduduk Sofia, Bulgaria pada Indonesia maka KBRI membuat angket yang disebar ternyata masyarakat Bulgaria banyak yang ingin berkunjung serta belajar lebih dalam tentang budaya Indonesia, bagi mereka keragaman budaya Indonesia suatu yang sangat mahal yang tidak dimiliki negara lain. Bangga Asian Festival 2019 di Bulgaria, Indonesia sukses memukau pengunjung.

(sumber: travel.detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *