Asal-usul Nama Kejuaraan Bulutangkis Piala Sudirman Internasional, Buat Orang Gagal Paham

Asal-usul nama kejuaraan bulutangkis Piala Sudirman internasional, buat orang gagal paham. Piala Sudirman merupakan kompetisi bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran, juga tunggal putra, tunggal putri. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali.

Dalam sejarah pertandingan Piala Sudirman, Indonesia berhasil memenangkan satu gelar juara di Piala Sudirman pada tahun 1989, sedangkan perolehan gelar terbanyak adalah China yang  telah memenangkan 10 gelar kejuaran kemudian disusul Korea Selatan memenangi 4 kali gelar juara. 

Memberi nama ‘Piala Sudirman’ pada gelaran kompetisi bulu tangkis internasional itu telah membuat banyak orang salah paham. Umumnya orang berpikiran nama ‘Sudirman’ dalam kompetisi iternasional tersebut diambil dari salah satu nama pahlawan Indonesia, Jenderal Soedirman.

Ternyata nama Piala Sudirman berasal dari nama salah satu tokoh perbulu tangkisan Indonesia, yakni Dick Sudirman, yang merupakan mantan salah satu pebulu tangkis Indonesia. Selain itu Sudirman adalah salah satu pendiri federasi bulu tangkis Indonesia (PBSI) sekaligus mantan ketua PBSI di tahun 1952-1963 kemudian tahun 1967-1981.

Sudirman adalah orang yang tumbuh dari lingkungan keluarga pecinta bulu tangkis. Sudirman, di masa hidupnya, sukses memberikan kontribusi pada kemajuan bulu Indonesia dan juga dunia.

Pada tanggal 10 Juni 1986 yang lalu, Sudirman wafat dalam usia 64 tahun.

Itulah Asal-usul Nama Kejuaraan Bulutangkis Piala Sudirman Internasional, Buat Orang Gagal Paham.

(sumber: BolaStylo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *