5 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Mudik Lebaran

5 Penyakit yang sering menyerang saat mudik Lebaran.Idul Fitri beberapa hari lagi kita akan rayakan bersama. Sebagian ada yang tinggal di rumah saja merayakan lebaran bersama keluarga dan tetangga, sebagian lagi melakukan mudik atau pulang kampung halaman.Perjalanan yang menuju kampung halaman dalam suasana jelang Lebaran tentu arus lalu lintas tak selancar di hari-hari biasanya yang terkadang bisa membuat kita jemu. Atau timbul penyakit.

Bisa jadi ini dikarenakan kondisi puasa kita harus tahan duduk selama berjam-jam, dan bila mengendarai kendaraan  maka kita harus berkonsentrasi penuh ketika terjebak kemacetan. Di bawah ini beberapa penyakit yang mudah menyerang pemudik

1. Lelah dan mabuk

Saat melakukan perjalanan pulang kampung pasti kita akan merasa letih terutama perjalanan darat. Karena padatnya arus mudik mengakibatkan energi pada tubuh cepat terkuras sehingga menimbulkan lelah dan pegal seluruh tubuh. Lelah dan menurunnya daya ketahanan tubuh akhirnya menyebabkan kita mengalami mabuk darat.

Orang terkena mabuk perjalanan akan menjadi mual, pusing dan muntah selama perjalanan. Mabuk perjalanan ini tidak hanya disebabkan oleh kelelahan tetapi juga akibat bercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan teling bagian dalam. 

Karena waktu berada dalam mobil, bis, kereta atau yang sedang melaju, tubuh kita berada dalam posisi diam tetapi mata dan telinga kita memandangi ke sekitar selama perjalanan. Pendengaran dan penglihatan yang bergerak sementara tubuh kita diam inilah yang menimbulkan pusing hingga akhirnya muntah. 

2. ISPA

Debu dan polusi udara yang terhirup oleh pemudik seringkali menyebabkan infeksi saluran pernapasan (ISPA) terutama disaat kondisi jalanan mudik tengah padat-padatnya. Tentu saja yang paling terkena penyakit ini adalah pemudik yang mengendarai sepeda motor. Padatnya arus mudik bisa juga membuat udara tidak hanya tercemar dengan polusi udara namun juga penyakit yang dapat tertular oleh pemudik lainnya.

3. Sembelit

Terlalu lama duduk berjam-jam dan membatasi makan serta minum agar tak sering-sering ke kamar mandi waktu mudik dengan transportasi apa saja justru bisa menimbulkan sembelit. 

Semua dapat dicegah, seperti sembelit dengan banyak minum air putih dan asupan makanan yang tinggi serat supaya memperlancar sistem pencernaan. Jangan lupa untuk hindari kebiasaan menahan buang air kecil atau buang air besar supaya sembelit tidak menjadi bertambah parah. 

4. Diare

Dalam perjalanan mudik terkadang kita membeli makanan di jalan. Namun berhati-hatilah sebab apabila tidak tertutup atau terbungkus dengan baik, makanan yang dibeli dipinggir jalan menjadi sumber penularan diare.

Karena makanan tersebut bsa saja terkena debu atau dikelilingi lalat sehingga menumpuk kuman penyebab diare. Diare bisa menjadi lebih mudah menyerang atau semakin parah saat Anda tidak mencuci tangan sebelum makan. 

5. Flu

Daya tahan tubuh menurun selama perjalanan mudik bisa menyebabkan Anda gampang terkena flu belum lagi jika berada dekat orang yang sedang terkena flu. Selain melalui vaksin flu, cara mudah untuk mencegah flu adalah dengan mengonsumsi vitamin yang mengandung vitamin C dan zinc untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Meminimalkan resiko penularan flu dari orang lain bisa dicegah dengan menggunakan masker dan mencuci tangan memakai sabun. 

(sumber: Nationalgeographic.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *