5 Alasan Tersembunyi Mengapa Lemak Perut Anda Tidak Berkurang

Mengurangi lemak  perut merupakan salah satu langkah untuk menjaga kesehatan. Sebagian besar lemak di daerah perut bisa menyebabkan perkembangan penyakit serius. Seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Namun terkadang tidak mudah untuk menyingkirkannya.

Jika Anda telah melakukan segala usaha namun tidak kunjung berhasil, mungkin ada alasan tersembunyi yang tak Anda ketahui.

Dilansir dari Bright Side, berikut 5 alasan mengapa lemak perut Anda tidak berkurang

1.  Anda tidak tahu jenis lemak perut

Jika kesulitan mengurangi lemak perut salah satu alasannya mungkin karena Anda memilih metode penurunan berat badan yang salah untuk perut Anda. Ada lima jenis obesitas perut yang disebabkan oleh berbagai alasan, dan masing-masing memerlukan diet dan olahraga tertentu.Jadi, penting untuk menentukan jenis lemak yang menumpuk di perut Anda untuk merencanakan penurunan berat badan yang tepat.

2. Obsesi dengan berat badan

Anda harus menghentikan kebiasaan menimbang secara terus-terusan. Obsesi terhadap berat badan dapat memperlambat proses penurunannya. Setiap kali angka yang muncul pada skala berbeda dari hasil yang diharapkan, Anda menilai diri sendiri. Ini dapat menyebabkan pikiran negatif dan merusak suasana hati Anda. Jadi, lebih baik menimbang diri sendiri hanya sekali seminggu dan mengambil angka sebagai informasi, bukan penilaian.

3. Mengikuti diet yang salah

Tubuh kita membutuhkan banyak elemen , yaitu vitamin, karbohidrat, dan bahkan lemak. Bila Anda mengecualikan beberapa komponen bermanfaat ini, diet Anda dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya. Hanya makan sayur dan buah-buahan, serta makanan cepat saji dan sejumlah besar gula dan garam akan menyulitkan proses penurunannya. Karena itu, penting untuk melacak diet Anda dan memperhitungkan kandungan yang Anda butuhkan.

4. Stres

Stres adalah hal yang buruk, ia mempengaruhi diet dan kondisi emosional serta fisik Anda. Selain itu, kadar hormon stres (kortisol) yang tinggi meningkatkan pembentukan lemak. Gunakan setiap kesempatan untuk mengurangi stres: cobalah untuk lebih santai, jangan bekerja melebihi waktu normal, lakukan hobi atau bergaul dengan teman-teman. Ketika Anda merasa santai, Anda memiliki motivasi lebih untuk kesuksesan baru dalam mengurangi lemak perut.

5. Tingkat androgen yang tinggi

Terakhir tetapi salah satu alasan paling serius adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ini berarti tingginya tingkat hormon pria dalam tubuh wanita. Ini mempengaruhi banyak fungsi organisme seperti gangguan menstruasi, masalah hamil, dan risiko diabetes. Selain itu, PCOS mempengaruhi kenaikan berat badan. Untuk mengetahui tingkat androgen, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan mengambil analisis.

(sumber : intisari online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *