4 Negara Punya Keunikan Tradisi di Ramadan

4 negara punya keunikan tradisi di Ramadan. Di  Indonesia kaya akan keunikan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Namun tradisi dalam sambut bulan Ramadhan di negera lain juga kalah uniknya.

Tradisi unik di bulan Ramadan tak hanya ada di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, negara seperti Jerman, Rusia, dan Jepang pun memilikinya. Berikut adalah 4 negara yang mempunyai tradisi unik di bulan Ramadan. Sangatlah mungkin setelah membaca tulisan di bawah ini, Anda pun terinspirasi untuk mengunjungi negara itu di bulan puasa nanti!

1.  Liberia

Masyarakat muslim Liberia menyambut bulan suci Ramadan dengan memainkan alat musik yang terbuat dari kayu. Alat musik ini dimainkan selama beberapa jam sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Selama bulan Ramadan, Liberia memiliki petugas untuk membangunkan umat muslim saat waktu sahur yang disebut PapallPapall ini bertugas mulai jam tiga dini hari dengan cara menyanyikan lagu-lagu religi di setiap rumah yang disinggahi.

2. Swedia

Umat muslim di Swedia, mengadakan suatu kegiatan yang disebut Feeding Fasting Palestinas untuk menyambut Ramadan. Kegiatan ini merupakan kegiatan amal untuk mengumpulkan sumbangan yang akan diberikan kepada warga Palestina yang membutuhkan. Entah kapan tradisi ini bermula, yang pasti kegiatan ini masih dilakukan sampai saat ini.

3. India

Di negara artis Kajool  ini, meski Islam bukanlah agama mayoritas, akan tetapi, hal ini tidak mengurangi kehikmatan dan kegembiraan umat muslim India untuk menyambut Ramadan. Sebelum bulan Ramadan tiba, mereka mengadakan acara bersih-bersih. Mereka akan meembersihkan rumah dan lingkungan sekitar dengan tujuan supaya dapat menjalankan ibadah selama bulan Ramadan dengan khusyuk. Keunikan lainnya adalah, para pria yang akan mengenakan celak atau biasa disebut dengan kohl selama bulan Ramadan.

4. China

Umat muslim di China memang sangat sedikit sekali, bahkan nyaris tak terlihat jika kalian berkunjung ke China. Namun bukan berarti mereka tak memiliki tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Warga muslim China memiliki tradisi yang dinamakan Muqam. Muqam adalah sebuah tradisi unik untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan berupa tari-tarian dan nyanyian. Biasanya ini dilakukan oleh umat muslim Kashgar di China.

(sumber: www.bombastis.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *